Kerja Keras juga Harus Diimbangi dengan Kerja Cerdas, Caranya?

Kerja Keras juga Harus Diimbangi dengan Kerja Cerdas, Caranya?
Nggak cuma kerja keras, kamu juga butuh kerja cerdas. (Shutterstock)

Kerja cerdas diperlukan agar pekerjaanmu makin sempurna. Jangan asal ambil langkah buat bekerja kalau nggak mau waktumu terbuang percuma.

Inibaru.id - Orang diharuskan bekerja keras apabila ingin mencapai sesuatu. Namun dalam bekerja keras juga harus diimbangi dengan kerja cerdas. Nah, kali ini merupakan cara agar kamu bisa, nggak cuma bekerja keras, namun juga bisa bekerja dengan cerdas. Yuk, simak!

1. Bikin Skala Prioritas

Skala prioritas penting agar kamu bisa mengkategorikan mana pekerjaan yang harus kamu dahulukan dan sisihkan. Buatlah daftar prioritas pekerjaan selama sehari atau seminggu, misalnya, agar kamu juga bisa membagi fokus saat bekerja.

2. Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan merupakan salah satu hal yang harus disingkirkan. Dengan menunda sama saja kamu akan menumpuk banyak pekerjaan. Jadi, jangan dibiasakan ya.

3. Bikin Micro Break

Meskipun kamu sudah membagi skala prioritas pekerjaan, namun kamu tetap saja butuh micro break. Yap, istirahat di sela-sela pekerjaan. Hal ini dilakukan agar otak dan otot kamu fresh kembali. Dari micro break tersebut, kamu bisa lebih meningkatkan fokus kamu terhadap pekerjaan.

4. Biarkan Ide Mengalir

Jangan halangi ide-ide yang berkeliaran di kepalamu. Biarkan mereka mengalir. Tampung ide-ide tersebut lalu matangkan menjadi satu tujuan yang akan memperbaiki pekerjaanmu.

5. Buat Keputusan yang Matang

Mengambil keputusan sungguh penting. Namun jangan sampai keputusanmu tersebut dipilih secara asal. Kamu juga harus mempertimbangkan banyak hal agar keputusanmu tersebut akan menjadi keputusan yang cerdas.

Demikianlah cara agar kamu bisa bekerja lebih cerdas. Ingat kerja keras harus diimbangi dengan kerja cerdas juga ya, Millens. (IB28/E05)