Beroperasi Perdana, Sebuah Kereta Penumpang Tergelincir ke Jalan Raya

13 dari 14 gerbong kereta penumpang Amtrak tergelincir pada perjalanan perdananya. Kereta jatuh ke jalan raya dan mengenai kendaraan lain. Banyak korban berjatuhan dalam kecelakaan maut itu.

Beroperasi Perdana, Sebuah Kereta Penumpang Tergelincir ke Jalan Raya
Kondisi kereta Amtrak sesaat setelah tergelincir dari rel. (Nydailynews.com/Elaine Thompson)

Inibaru.id - Baru sekali beroperasi, kereta api Amtrak Cascade 501 keluar rel dan jatuh ke sebuah jalan raya di DuPont, Washington, AS, pada Senin (18/12/2017) waktu setempat. Kereta yang melaju dari Seattle ke Portland, Oregon itu tergelincir di kilometer 40 Seattle.

Rute itu merupakan jalur baru. Kereta yang melaju dengan kecepatan 80 mil per jam itu tiba-tiba saja tergelincir, seperti yang ditulis Sindonews.com, Selasa (19/12). Menurut salah seorang penumpang yang selamat, Chris Karnes, kereta sempat bergoyang dan berderit sebelum kecelakaan terjadi.

Baca juga:
Google Nyatakan Yerusalem Ibukota Israel
Kumpulan Video Paling "Gila" Selama 2017

“Kami merasakan guncangan dan suara berderit secara tiba-tiba. Kemudian kami merasa sedang menuruni bukit,” ujarnya.

Saat kecelakaan terjadi, terdapat 78 penumpang dan lima awak di dalam kereta. Sebanyak 77 orang kemudian dirujuk ke rumah sakit di wilayah Pierce dan Thurston karena mengalami luka. Enam di antaranya meninggal dan sembilan orang mengalami luka berat.

Sementara, sebagian penumpang lainnya mampu menyelamatkan diri dengan cara keluar lewat jendela kereta yang dipecah. Akibat kecelakaan itu, lima kendaraan dan dua truk semi trailer juga terkena imbasnya.

Empat jam setelah kejadian, masih terlihat beberapa gerbong yang menggantung di jembatan layang. Dari 14 rangkai gerbong kereta, 13 di antaranya tergelincir dalam kecelakaan itu.

Baca juga:
Kisah Si Pemakan Listrik dari India
Tapir yang Nyasar ke Pemukiman Warga

Duka mendalam untuk para korban kecelakaan ini ya, Millens! Semoga segera diberi kesembuhan dan kecelakaan semacam itu nggak terjadi lagi. (IF/GIL)