Kereta Komuter Jateng-DIY Segera Diluncurkan, Semarang-Jogja Nggak Perlu Transit

Kereta Komuter Jateng-DIY Segera Diluncurkan, Semarang-Jogja Nggak Perlu Transit
Jalur kereta api komuter Jateng DIY akan segera beroperasi (Bagus Widyanto)

PT KAI akan meluncurkan kereta komuter Jateng-DIY pada 1 Desember nanti. Dengan adanya jalur kereta komuter Jateng-DIY, kita bisa mencapai berbagai kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan mudah.

Inibaru.id – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) bakal segera meluncurkan Kereta Api Komuter Jateng-DIY. erdasarkan rencana, jalur tersebut akan diluncuran pada 1 Desember mendatang. Dengan adanya jalur kereta tersebut, penumpang kereta lebih mudah mengakses berbagai kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta secara melingkar (loop).

Tempo.co, Kamis (15/11/2018) menulis, Supriyanto selaku Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto menyebut adanya jalur kereta komuter Jateng DIY ini bisa menambah pilihan moda angkutan bagi masyarakat, baik itu untuk keperluan wisata, pekerjaan, pendidikan, dan keperluan lainnya.

“Rencananya, KA Komuter ini memiliki jurusan Purwokerto-Yogyakarta-Solo-Semarang-Tegal-Purwokerto dan sebaliknya. Jalur ini akan diluncurkan pada 1 Desember 2018,” terang Supriyanto.

Adanya kereta komuter ini akan mengakomodasi kebutuhan masyarakat di wilayah selatan Jawa Tengah dan yang ada di wilayah Pantai Utara. Sebagai contoh, bagi warga Cilacap yang ingin ke Semarang, mereka nggak perlu lagi ke Purwokerto untuk mencari angkutan. Cukup dengan datang ke Stasiun Kroya, mereka bisa langsung mendapatkan kereta ke Semarang.

Selama ini, belum ada kereta yang menghubungkan Semarang dan Jogja secara langsung. Bila mau ke Yogyakarta, warga Semarang harus memakai kereta Kalijaga yang berhenti di Solo sebelum akhirnya memakai kereta Prameks untuk mencapai Yogyakarta.

Keberadaan kereta baru ini tentu akan memudahkan masyarakat dari Semarang untuk mencapai Yogyakarta secara langsung. Hanya saja, hingga saat ini belum jelas nama kereta dan stasiun awal pemberangkatannya. Rute dan tarifnya juga belum dikeluarkan PT KAI secara resmi.

“Kami masih membahas apakah kereta ini akan berangkat dari Daop 5 Purwokerto atau dari Daop 6 Yogyakarta,” tambah Supriyanto.

Pihak KAI sudah menentukan kereta apa saja yang akan digunakan di jalur ini.

“Rencananya akan memakai rangkaian kereta Kamandaka atau Joglokerto,” lanjutnya.

Wah, bakal asyik nih, Millens. Kamu bisa jalan-jalan ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan naik kereta ini. (IB09/E04)