Keren, TNI Siap Produksi Ban Kendaraan Tanpa Udara! Gimana Nasib Tukang Tambal Ban?

Keren, TNI Siap Produksi Ban Kendaraan Tanpa Udara! Gimana Nasib Tukang Tambal Ban?
Ban tanpa udara yang sedang dikembangkan TNI AD. (Kumparan/Youtube/TNI AD)

TNI AD sedang mengembangkan ban tanpa udara yang anti bocor. Kapan ya kira-kira ban ini bisa diproduksi secara massal dan dipakai siapa saja?

Inibaru.id – Ban mobil tanpa angin atau udara bikin pengemudinya mengeluh karena menandakan ban tersebut bocor. Hingga kini, ban berisi udara memang masih menjadi "kaki" paling nyaman untuk kendaraan kita. Namun, kepikiran nggak, gimana seandainya roda mobil tak lagi pakai ban berisi udara?

Ehm, nggak perlu berpikir terlalu jauh, karena dalam waktu dekat Indonesia dikabarkan bakal memproduksi secara massal ban tanpa udara. Indonesia? Iya, kok! Hm, penasaran?

Perlu kamu tahu, pembuat ban tanpa udara ini adalah Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) Kodiklat TNI AD. Semula, tujuan utama pengembangan ban revolusioner ini adalah agar ban nggak lagi mudah bocor kendati tercoblos paku atau tertembak peluru.

Ban tanpa udara dikembangkan Poltekad TNI AD (Kumparan/Youtube-TNI AD)<br>
Ban tanpa udara dikembangkan Poltekad TNI AD (Kumparan/Youtube-TNI AD)

Berdasarkan keterangan Komandan Poltekad Kodiklat TNI AD Brigadir Jenderal Nugraha Gumilar, pengembangan ban ini masih dalam tahap penyempurnaan kualitas di Poltekad Batu, Jawa Timur.

“Kemarin jalan (di) bebatuan dan tes peluru maupun injak paku sudah. Minggu depan kami akan uji di jalan tol, menguji daya tahan panas, mampu nggak ban itu bertahan lama. Kami akan pelajari sisi endurance dan durabilitasnya,” terang Nugraha, Rabu (5/8/2020).

Jika riset mampu menghasilkan ban berkualitas yang tahan lama, ban akan siap pakai dan bisa segera diproduksi massal. Namun, keputusan untuk memproduksi ban ini tergantung kewenangan pimpinan tertinggi TNI AD.

“Harus seizin Bapak Kasad (Kepala Satuan AD) atau Bapak Menteri Pertahanan (Prabowo Subianto) untuk menentukan kebijakan inovasi teknologi,” lanjut Nugraha.

Bisa Menutup Profesi Tambal Ban

Ban nggak bisa bocor meski tertusuk paku. (Kumparan/Youtube-TNI AD)<br>
Ban nggak bisa bocor meski tertusuk paku. (Kumparan/Youtube-TNI AD)

Meskipun pengembangan ban tanpa udara ini bisa membantu banyak orang, ada anggapan yang menyebut ban ini bisa mengancam orang yang berprofesi sebagai tukang tambal ban. Hal ini disebabkan oleh ban yang nggak lagi perlu tekanan udara agar bisa dipakai. Bahkan, meski tertusuk benda tajam, ban nggak akan bocor.

“Kalau soal teknologi kan nggak statis. Kalau sekarang cetakan (ban) masih satu dengan velg jadi berat. Kalau ke depan bisa dijual bannya saja tanpa velg, bisa dipasang di mobil apa saja,” ucap Nugraha.

Saat ditanya soal hak paten, Nugraha menyebut hak patennya bakal tetap dimiliki TNI AD meski ke depan produksinya dilakukan melalui kerja sama dengan pihak lain.

Gimana Millens, pasti nggak sabar mencoba ban anti-bocor buatan anak bangsa yang keren ini, kan? (Kum/IB09)