Keren! Sudah Ada Mobil Terbang yang Diuji Coba, Berapa Harganya, Ya?

Keren! Sudah Ada Mobil Terbang yang Diuji Coba, Berapa Harganya, Ya?
Mobil terbang SkyDrive SD-03. (AP/Skydrive)

Siapa bilang mobil terbang hanya ada di imajinasi. Di Jepang, uji coba sudah dilakukan pada Agustus 2020 lalu. Berhasilkan uji coba ini?

Inibaru.id – Mobil terbang nggak lagi hanya berada di imajinasi kita saja tentang masa depan. Negara yang dikenal dengan perkembangan teknologinya, Jepang, baru-baru ini sukses melakukan uji coba pada mobil terbang. Seperti apa ya bentuknya?

Pihak yang membuat mobil terbang ini adalah perusahaan bernama Sky Drive Inc. Perusahaan yang didirikan pada 2018 ini baru saja melakukan uji coba mobil terbangnya, SD-03 pada pertengahan 2020. Uji cobanya beda dengan mobil biasa, ya Millens. Bukannya di jalan raya, tapi uji terbang layaknya helikopter atau pesawat.

Pengujian dilakukan pada Selasa (25/8/2020) lalu. Saat itu, mobil terbang SD-03 dibawa pilot mengitari lapangan selama empat menit saja.

Uji coba mobil terbang. (AP/SkyDrive)
Uji coba mobil terbang. (AP/SkyDrive)

Meski sebentar, keberhasilan uji coba ini sudah bisa dianggap sebagai sebuah sejarah. Bagaimana nggak, untuk kali pertama, Jepang mencatat ada demonstrasi publik mobil terbang pertama yang benar-benar berfungsi.

Sky Drive ternyata nggak melakukan riset pengembangan mobil terbang sendiri. Perusahaan ini mendapatkan dukungan dari raksasa otomotif Toyota berupa dana sekitar 37 juta Dollar AS atau sekitar Rp 550 miliar!

“Kami bangga telah mampu melakukan penerbangan mobil terbang dengan awak pertama di Jepang sejak dua tahun Sky Drive berdiri,” ucap CEO Sky Drive Tomohiro Fukuzawa.

Mobil terbang ini rencananya akan selesai dikembangkan pada 2023. (AP/Skydrive)
Mobil terbang ini rencananya akan selesai dikembangkan pada 2023. (AP/Skydrive)

Menariknya, mobil SD-03 ini bisa lepas landas sekaligus mendarat secara vertikal layaknya helikopter. Kendaraan ini memakai energi listrik. Hanya, jenis baterai apa yang dipakai di dalamnya masih dirahasiakan.

Tenaga penggerak mobil yang berukuran sekitar dua kali mobil biasa ini adalah delapan motor dan propeller dengan ukuran 4 m x 4 m x 2 m.

Mobil ini sudah bisa terbang selama 5-10 menit dengan kecepatan sekitar 40 sampai 50 km per jam. Diharapkan, mobil ini bisa disempurnakan pada 2023 dan mampu membawa dua penumpang.

Kabarnya, jika pengembangan mobil ini sudah sempurna, bakal dijual juga di Indonesia karena dianggap cocok untuk wilayah kepulauan. Hanya, harganya diperkirakan bakal mencapai Rp 5 miliar! Wah, bakal kebeli nggak ya, Millens? (Goo/IB09/E05)