Keren, Masjid Ini Sediakan ATM Beras untuk Kaum Dhuafa

Keren, Masjid Ini Sediakan ATM Beras untuk Kaum Dhuafa
ATM Beras. (Pikiran-rakyat.com)

Alih-alih memberikan sumbangan dalam bentuk uang, pengurus Masjid Jami Raudlatul Jannah memilih untuk memberikan beras yang dianggap lebih bermanfaat bagi warga kurang mampu. Caranya adalah dengan menyediakan ATM beras ini.

Inibaru.id – Jika biasanya Anjungan Tunai Mandiri (ATM) identik dengan mesin yang dipakai untuk menarik uang, di Masjid Jami Raudlatul Jannah yang ada di Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, justru menyediakan ATM beras. Melalui ATM ini, kaum dhuafa yang membutuhkan bisa mengambil beras untuk kebutuhan makan. Seperti apa sebenarnya ATM ini?

Kompas.com, Rabu (27/2/2019) menulis, pengurus masjid meminta masyarakat untuk menyumbang dengan beras alih-alih dalam bentuk uang. Beras ini kemudian ditempatkan di mesin dengan bentuk mirip ATM di salah satu sudut masjid.

“Kalau diberi uang kan sekali diberi bisa langsung habis. Uang Rp100 ribu bisa habis dipakai sendiri atau berdua. Kalau diberi beras bisa buat makan sekeluarga,” ungkap Barnas Sumantri, Ketua DKM Jami Raudlatul Jannah.

Barnas menyebut mesin ini sudah bisa dipakai sejak 13 Januari 2019. Sekitar 33 warga yang telah terdaftar bisa mendapatkan beras lewat ATM ini setiap Rabu dan Minggu malam. Warga penerima beras tersebut telah benar-benar dipastikan termasuk dalam golongan masyarakat tidak mampu, termasuk mereka yang berstatus janda.

“Kami nilai mereka yang aktif berjamaah di masjid. Mereka juga benar-benar tidak mampu sehingga berhak mendapatkan beras,” terangnya.

Setiap kali mendapatkan beras, para warga ini bisa mendapatkan empat liter untuk setiap minggu. Beras yang diberi juga yang berkualitas wahid, tepatnya beras rojolele.

Mesin ATM beras di Masjid Jami Raudlatul Jannah ini adalah yang pertama di Jakarta Utara. Sebelumnya, ATM serupa juga telah disediakan di Masjid Raya Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Tujuan dari keberadaan mesin ini juga sama, yakni menyediakan beras bagi mereka yang membutuhkan.

Di sekitar tempat tinggal Millens ada ATM seperti ini juga, nggak? (IB09/E05)