Keren, Lelaki Ini Berangkat Haji Naik Motor dari Cimahi ke Tanah Suci

Keren, Lelaki Ini Berangkat Haji Naik Motor dari Cimahi ke Tanah Suci
Bambang Sukmana, naik motor dari Cimahi ke Makkah untuk haji. (facebook.com/bambang.sukmana)

Bambang Sukmana akan melakukan perjalanan selama lima bulan dari Cimahi, Jawa Barat menuju Makkah untuk menunaikan haji. Seperti apa ya rencana perjalanan panjang ini? 

Inibaru.id – Kebanyakan orang di Indonesia berangkat haji dengan mengikuti prosedur yang diberikan oleh pemerintah. Meski harus menunggu hingga puluhan tahun, mereka rela menunggu demi bisa menikmati syahdunya beribadah ke Tanah Suci. Tapi, seorang laki-laki berusia 44 tahun dari Cimahi, Jawa Barat bernama Bambang Sukmana ternyata punya ide lain. Dia ingin segera beribadah haji ke Makkah dengan cara naik sepeda motor dari kota tempat tinggalnya!

Dia memang belum berangkat ke sana. Namun, Bambang sudah tahu harus lewat mana saja rute perjalanan jarak jauhnya seorang diri. Rencananya, pada Kamis (24/12/2020), Bambang akan memakai sepeda motor kuning 200 cc miliknya dan memulai perjalanannya.

Bambang memprediksi akan butuh waktu sekitar lima bulan untuk mencapai Makkah. Sementara itu, saat pulang nantinya, dia prediksi akan membutuhkan waktu tujuh bulan karena dia ingin mampir ke beberapa tempat sebelum pulang.

Ilustrasi: Haji di masa pandemi Covid-19. (Twitter.com/IlmFeed)
Ilustrasi: Haji di masa pandemi Covid-19. (Twitter.com/IlmFeed)

Awalnya, Bambang akan melakukan perjalanan dari Cimahi ke Medan. Setelah mengurus izin di Konsulat Jenderal Malaysia, dia akan menyeberang ke Negeri Jiran. Setelahnya, dia akan melalui Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, Iraq, UEA, Yordania, Arab Saudi, serta Mesir.

Masalahnya, karena sekarang di sebagian besar dunia ada pandemi Covid-19, mau nggak mau Bambang juga harus mematuhi protokol kesehatan di setiap negara, yakni selalu menjalani karantina 14 hari setiap kali sampai di sebuah negara.

“Karena harus selalu karantina 14 hari di tiap negara, biayanya pasti akan membengkak. Tapi mudah-mudahan perjalanan ini jadi lancar. Saya juga sudah minta izin ke ibu untuk diberi kelancaran hingga ke Tanah Suci,” beber Bambang.

Bambang sebenarnya adalah PNS yang bekerja di Kementerian Pertahanan. Belakangan diketahui, dia memutukan untuk pensiun dini. Nggak hanya untuk beribadah haji, dia memutuskan untuk ke Tanah Suci demi mendoakan ibunya yang sudah sakit selama delapan tahun terakhir. Perjalanannya juga ditujukan untuk promosi wisata Indonesia selain Bali.

Wah, sungguh niatan yang mulia, ya Millens. Semoga saja perjalanan Bambang lancar hingga ke Makkah. (Det/IB09/E05)