Keren, Foto Ini Dijepret Selama Delapan Tahun!

Keren, Foto Ini Dijepret Selama Delapan Tahun!
Foto yang dijepret selama delapan tahun. (Twitter.com/UniofHerts)

Foto biasanya dijepret dalam waktu sepersekian detik. Tapi foto ini justru dijepret selama delapan tahun? Kok bisa ya?

Inibaru.id – Kalau kamu berpikir foto hanya dijepret dalam ukuran sepersekian detik saja, kamu salah. Ada banyak teknik mengambil foto. Salah satunya adalah long exposure yang bisa saja dilakukan selama beberapa menit atau jam. Kamu nggak perlu menekan tombol kamera sangat lama karena sudah ada sistem yang mengakomodasinya. Hasil jepretan gambar long exposure juga biasanya sangat menarik.

Nah, bagaimana kalau foto long exposure justru dijepret selama delapan tahun? Meski terlihat nggak masuk akal, hal ini benar-benar terjadi, lo. Bayangkan saja, durasi waktu selama itu direkam hanya dalam satu lembar foto. Bagaimana hasilnya ya?

Sang fotografer yang membuat foto unik ini adalah Regina Valkenbrough dari Hertfordshire University, Inggris. Menariknya, kamera yang dia gunakan bukanlah kamera pada umumnya, melainkan kamera alternatif yang dibuat dari kaleng bekas minuman serta selembar kertas foto. Nama kameranya adalah pinhole camera.

Lokasi pengambilan gambar selama delapan tahun. (Twitter.com/BayfordburyObs)
Lokasi pengambilan gambar selama delapan tahun. (Twitter.com/BayfordburyObs)

Jadi begini, Millens, lubang pada kaleng ini bisa memfokuskan cahaya yang ditangkap oleh kertas foto. Asalkan ditempatkan di sebuah lokasi yang nggak digerakkan dalam waktu lama, maka akan menghasilkan gambar. Nah, kamera dari kaleng ini ditempatkan di Observatorium University Hertfordshire pada 2012 lalu.

“Saya sudah beberapa kali mencobanya sebelumnya, tapi gagal karena kelembapan serta lembaran kertas foto yang tergulung. Tapi, kali ini berhasil,” ucap Regina.

Hasil dari foto ini luar biasa. Terdapat 2.953 garis cahaya yang melengkung. Garis-garis itu adalah pergerakan matahari dalam delapan tahun. Sekilas, garis-garis ini seperti aurora yang ada di kutub atau pergerakan meteor.

Bagi mereka yang terbiasa dengan dunia fotografi, teknik long exposure sering dipakai untuk menangkap cahaya dalam rupa garis agar terlihat alur pergerakannya. Selain meteor, teknik ini juga dipakai untuk menangkap pergerakan bintang atau lampu kendaraan yang bergerak di jalanan.

Sebelumnya, foto yang dijepret dalam waktu yang sangat lama diambil oleh Michael Wesely. Foto ini dijepret selama empat tahun delapan bulan.

Tertarik membuat foto yang juga dijepret dalam waktu bertahun-tahun, nggak nih, Millens? (Kom/IB09/E05)