Kerap Dianggap Ritual Mistis, Mandi Kembang Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Lho!

Mandi kembang bukan untuk ritual mistis saja, tetapi masih ada banyak manfaatnya.

Kerap Dianggap Ritual Mistis, Mandi Kembang Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Lho!
Manfaat Mandi Kembang. (Foto: https://www.google.co.id)

Inibaru.id - Banyak orang yang menganggap mandi kembang berkaitan dengan ritual mistis yang di lakukan di malam hari. Padahal, mandi kembang, khususnya dengan menggunakan kelopak bunga mawar, ternyata bisa memberikan cukup banyak manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat dari mandi kembang tersebut? Berikut ulasannya.

Baca juga: Wow! Mahasiswa Ini Teliti Rempah untuk Obat Kanker Payudara

Menurunkan berat badan

Tak Cuma dengan melakukan program diet atau rutin melakukan olahraga, mandi kembang ternyata bisa membantu menurunkan berat badan dengan signifikan. Hal ini di sebabkan oleh kandungan senyawa di dalam kelopak bunga mawar yang bisa membersihkan berbagai macam racun di dalam tubuh sekaligus membantu meningkatkan system metabolisme. Kita juga akan tidak akan mudah tertarik untuk makan dengan berlebihan sehingga lambat laun berat badan pun akan turun.

Afrodisiak alami

Kerap di anggap sebagai symbol cinta, dalam realitanya mawar memang bisa berperan sebaagi afrodisiak alami. Kelopak bunga mawar akan membuat seseorang aktif secara seksual dan membantu menjaga kesehatan jantung, pikiran, hingga system saraf.

Mengatasi stress

Banyak orang yang kini mengalami kelelahan, stress, dan depresi akibat dari pekerjaan dan berbagai tekanan hidup lainnya. Yang menjadi masalah adalah, berbagai permasalah hidup ini bisa memicu kegelisahan, insomnia, dan akhirnya berujung pada peradangan pada tubuh yang bisa menyebabkan penyakit. Beruntung, dengan mandi kembang, kita bisa mengatasi stress, depresi, dan berbagai permasalahan mental lainnya.

Baca juga: 5 Kesenian Tradisional Beraroma Mistis di Indonesia

Dalam sebuah penelitian  yang di lakukan oleh pakar kesehatan dari Universitas Paraiba-Caixa, mereka yang mandi kembang akan menikmati harumnya aroma bunga yang bisa menenangkan pikiran dan meredakan stress dengan efektif.

Mengatasi wasir

Bunga mawar ternyata bisa menjadi bahan alami yang bisa mengatasi wasir atau ambeien. Jika kita mandi kembang dengan menggunakan kelopak bunga mawar ini, maka kita bisa mengatasi masalah wasir berdarah sekaligus menurunkan rasa sakitnya secara alami.

Membuat awet muda

Manfaat mandi kembang yang paling di kenal oleh kaum hawa adalah kemampuannya dalam membuat kulit tetap cantik dan awet muda. Dengan melakukannya, maka kita akan mengatasi iritasi dan masalah kulit sensitif, menyeimbangan kadar minyak dalam kulit sehingga tidak berlebihan, membuat kulit semakin halus, dan membuat warna kulit menjadi lebih segar.

Jika kita mandi dengan kelopak bunga mawar misalnya, maka kulit akan mendapatkan berbagai antioksida dan senyawa anti bakteri yang akan mengatasi iritasi dan gatal-gatal serta semakin menyehatkan kulit.

Baca juga: Nggak Nyangka, di Indonesia Ternyata Ada Kampung Siluman!

Mengatasi jerawat

Mandi kembang ternyata bisa di jadikan cara alami untuk mengatasi masalah jerawat yang sangat mengganggu penampilan wajah. Kita bisa memakai kelopak bunga mawar yang memiliki kemampuan dalam melembabkan wajah. Tak hanya itu, mawar juga memiliki sifat anti bakteri dan senyawa anti septik yang di sebut sebagai fenil etanol yang bisa membantu mengempiskan jerawat dan mengeringkannya dengan cepat. (AS/IB)