Kerap Bikin Heran, Kenapa Pesawat Harus Berputar Dulu Sebelum Mendarat?

Kerap Bikin Heran, Kenapa Pesawat Harus Berputar Dulu Sebelum Mendarat?
Terkadang, pesawat harus berputar dulu sebelum mendarat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kalau bisa langsung mendarat, kenapa harus berputar-putar dulu di udara? Mungkin itu yang ada di pikiranmu ketika pesawat yang kamu tumpangi justru berputar-putar dulu. Ternyata, ada alasannya, lo.

Inibaru.id – Kamu mungkin sudah beberapa kali melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Tapi pernah nggak kamu terganggu beberapa hal seperti pesawat berputar-putar ketika mau mendarat atau menunggu pintu pesawat dibuka padahal sudah sampai bandara?

Semua itu sudah pasti ada sebabnya, Millens.

Melansir Reader Digest, dalam sebuah penerbangan, memutar pesawat sebelum mendarat itu normal kok. Dunia penerbangan mengenal tindakan ini sebagai roundabout. Kamu tentu bertanya-tanya buat apa memutar kalau bisa langsung mendarat?

Jadi begini, pesawat melakukan roundabout hanya dalam kondisi tertentu. Kondisi yang dimaksud seperti kondisi cuaca, suatu hal yang terjadi di landasan pacu ataupun kondisi antrean pesawat di landasan.

Ketika kondisi di bandara nggak memungkinkan untuk melakukan pendaratan, tentu saja pilot harus menunda pendaratan. Jika ini terjadi, kamu nggak perlu panik atau khawatir karena biasanya nggak lama.

 “Meskipun bisa mengejutkan bagi penumpang saat pesawat [berputar-putar], itu sebenarnya bagian dari keselamatan,” kata Phil Derner, pendiri situs pemerhati penerbangan NYCAviation.com.

"Hal itu terjadi setiap hari di setiap bandara," lanjutnya.

Berputar di udara sebelum mendarat itu normal kok. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Berputar di udara sebelum mendarat itu normal kok. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Derner memahami bahwa mungkin sebagian dari penumpang bakal bertanya-tanya saat pesawat yang ditumpanginya memutar sebelum mendarat.

 “Perjalanan udara kerap membuat kita stres, terutama berkaitan dengan penundaan (delay) dan jalur keamanan,” katanya.

Tapi, dia juga menyadari bahwa banyak orang yang beranggapan keliru. Jadi, menurutnya wajar kalau otak penumpang merespons ketakutan karena belum tahu faktanya.

Jadi, pesawat muter-muter sebelum mendarat itu bukan karena pilot lagi gabut ya. Semuanya demi keselamatanmu. Oke, Millens?

Menunggu Sebelum Turun

Meski sabuk pengaman sudah boleh dilepas, kamu nggak boleh langsung turun ya. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Meski sabuk pengaman sudah boleh dilepas, kamu nggak boleh langsung turun ya. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Selain alasan pesawat berputar-putar, ada satu lagi hal yang menarik untuk kamu ketahui nih, yaitu sebab penumpang harus menunggu ketika pesawat baru mendarat. Berbeda dengan transportasi lain, kamu nggak bisa seenaknya langsung minta turun dari pesawat setelah mendarat.

Meskipun kamu sangat terburu-buru, awak kabin nggak akan membolehkan kamu keluar. Ada etika dalam penerbangan yang harus kamu ikuti.

Jadi, ketika pesawat baru mendarat para ground staff bakal memastikan segala kesiapannya terlebih dahulu. Sementara para pilot dan pramugari bertugas untuk memastikan semuanya aman.

Sebelum pintu pesawat dibuka, pilot harus mematikan lampu navigasi pada sistem anti-tabrakan lalu lintas (Traffic Collision Avoidance System atau Traffic Alert and Collision Avoidance System).

Setelah itu, para ground staff bakalan tahu kalau mereka sudah aman mendekati pesawat untuk mengeluarkan garbarata dan menyelaraskan dengan pintu pesawat. Begitu garbarata terpasang dengan baik, ground staff bakal memberi kode kepada awak kabin bahwa penumpang sudah boleh turun.

Lama ya? Iya, tapi semua demi keselamatan. Bahkan, proses ini bisa lebih lama jika proses sinkronisasi terkendala atau kurang pas. Belum lagi jika ground staff juga musti mengurusi pesawat lain yang mendarat dalam waktu bersamaan. Alhasil, kamu harus lebih sabar menunggu.

Selama ini, berapa lama kamu harus menunggu sampai dibolehin turun dari pesawat, Millens? (Kum/IB21/E07)