Kepulauan Seribu, Beneran Jumlah Pulaunya Ada Seribu?

Kepulauan Seribu, Beneran Jumlah Pulaunya Ada Seribu?
Jumlah pulau di Kepulauan Seribu, beneran sebanyak itu? (Flickr/ Brianna Laugher)

Kepulauan Seribu jadi salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Tapi, pernah nggak terpikir seberapa banyak jumlah pulau di sana?

Inibaru.id – Warga Ibu Kota dan sekitarnya kalau mau mencari pulau-pulau eksotis dengan pantai dan laut yang indah nggak perlu jauh-jauh ke Bali atau tempat lain. Cukup ke Kepulauan Seribu, sudah bisa lo melihatnya. Tapi, kamu pernah terpikir nggak apakah jumlah pulau di Kepulauan Seribu memang sebanyak itu?

Jadi gini, Millens, nggak hanya jadi sekumpulan pulau, Kepulauan Seribu bahkan sudah jadi kecamatan tersendiri di dalam wilayah Kota Jakarta Utara. Luasnya sih lebih dari 4.745 km persegi. Kalau penduduknya, menurut sensus terakhir pada 2017, lebih dari 23 ribu jiwa.

Balik lagi ke pertanyaan awal, Millens, memangnya jumlah pulaunya beneran seribu? Usut punya usut, Kepulauan Seribu hanya terdiri atas 110 pulau, lo. Hanya, karena di zaman dulu jumlah pulaunya dirasa cukup banyak, orang jadi membuatnya gampang dengan menyebutnya Kepulauan Seribu, deh.

Dari sekian banyak pulau di sana, hanya 11 yang sudah dihuni manusia. Pulau-pulau itu adalah Pulau Tidung Kecil, Pulau Tidung Besar, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pula kelapa Jawa, Pulau Paru, Pulau Untung Jawa, dan Pulau Sebira. Nah, kalau pusat pemerintahannya, ada di Pulau Pramuka sejak 2003, Millens.

Kepulauan ini lokasinya sekitar 45 km dari pesisir utara Ibu Kota. Kalau mau ke sana, bisa kok naik Kapal dari PELNI seperti KM Sabuk Nusantara atau Express Bahari yang bisa kamu tumpangi dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Ada juga kapal cepat seperti KM Kerapu yang bisa kamu naiki dari Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara serta kapal feri atau kapal-kapal tradisional dari Pelabuhan Kaliadem.

Pulau Macan, salah satu pulau yang jadi tujuan wisata di Kepulauan Seribu. (Flickr/

Brianna Laugher)
Pulau Macan, salah satu pulau yang jadi tujuan wisata di Kepulauan Seribu. (Flickr/ Brianna Laugher)

Yang menarik dari Kepulauan Seribu adalah, kecamatan ini jadi satu-satunya wilayah di Ibu Kota yang nggak dilalui trayek Transjakarta. Tentu saja ya, di sana kan kepulauan kecil-kecil. Sudah begitu, jaraknya sangat jauh dari Jakarta yang ada di Pulau Jawa. Alat transportasi yang dibutuhkan tentu berbeda, yakni kapal atau perahu.

Meski begitu, ada juga lo jembatan antar-pulau di Kepulauan Seribu. Jembatan itu adalah Jembatan Cinta di antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan ini diresmikan mulai 2012.

Sebelum dibuat dengan layak, dulunya jembatan ini sudah dibangun dengan sederhana berupa papan kayu yang disusun di atas drum terapung. Panjang jembatan ini sekitar 800 meter, lo.

Kalau datang ke sana, kamu nggak hanya bakal disuguhi pemandangan khas pulau-pulau kecil dengan pantai yang indah dan biota laut yang terawat, melainkan juga bisa melihat hutan mangrove. Sejumlah pulau wisata seperti Pulau Bidadari, Pulau Kotok Besar, dan Pulau Puteri bisa kamu jadikan pilihan untuk dikunjungi.

Jadi, tertarik nih wisata ke Kepulauan Seribu, Millens? (Det/IB09/E05)