Kepincut Diskon Saat Low Season

Buat kamu yang hobi traveling di Indonesia, mungkin low season bisa jadi saat yang tepat untuk menuntaskan hobimu. Apalagi banyak diskon dan keuntungan lainnya yang ditawarkan saat itu. Catat nih waktunya!

Kepincut Diskon Saat Low Season
Liburan. (Ciricara.com)

Inibaru.id – Kalau kamu berpikir waktu yang tepat untuk piknik adalah saat long weekend, sebaiknya kamu pikir ulang deh, Millens. Selain tiket masuk, transportasi, dan akomodasi cenderung mahal, destinasi wisata juga dijamin bakal membludak saat itu. Nah, bakal berbeda kalau kamu piknik pas low season. Hm, kapan waktunya?

Sebagai informasi, low season merupakan waktu kunjungan yang sepi wisatawan. Situasi ini terjadi bisa karena musim yang nggak cocok untuk berlibur seperti musim dingin atau penghujan, dan bisa juga karena nggak ada hari libur panjang pada periode tersebut.

Nah, kondisi low season ini bakal menguntungkan banget buat kamu yang senang mengeksplorasi objek wisata dengan lebih leluasa tanpa terganggu lokasi yang crowded dengan suasana yang nggak kondusif. Plus, beberapa agen travel dan pengelola objek wisata juga acap kali memberikan diskon untuk para wisatawan.

Lebih dari itu, lantaran sepi pengunjung, antrean tiket masuk juga mungkin nggak akan mengular. Jadi, kamu nggak perlu berdiri lama untuk mendapatkan tiket masuk.

Baca juga:
Liburan Murah ke LN di "Musim Sepi"
Mengenal Low Season yang (Kadang) Terlupakan

Setali tiga uang, pengelola hotel dan restoran juga biasa jor-joran memberi promo menarik dengan harga yang sangat miring, terkadang juga sudah termasuk sarapan dan akomodasi ke tempat wisata. Hotel dan tempat wisata juga cenderung nggak penuh, jadi kamu nggak perlu memesan kamar hotel jauh-jauh hari. Enak, kan? 

Program Pemerintah

Diskon besar-besaran tersebut sejatinya merupakan upaya pihak hotel, restoran, travel, atau tempat wisata agar tetap memiliki pengunjung pada masa-masa sepi wisatawan. Belakangan, upaya serupa juga dilakukan pemerintah daerah. Pelbagai promo menggiurkan diluncurkan.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), misalnya, pada 2018 ini menggelar program Jateng Wonderful World atau Jateng Wow. Acara ini digelar untuk menarik para wisatawan dengan menawarkan paket wisata menarik dan diskon khusus seperti hotel dan resort, jasa transportasi, kuliner, dan daya tarik wisata.

Berdasarkan data dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, program yang berlangsung selama Januari hingga Maret 2018 itu diikuti 168 partisipan. Jumlah ini terdiri atas 100 hotel dan resort, 12 restoran, 29 daya tarik wisata, 24 biro perjalanan, dan 3 penyedia jasa transportasi.

Diskon yang diberikan juga nggak tanggung-tanggung lo, Millens. Sejumlah hotel dan resor memberikan potongan mulai 5-75 persen. Diskon tertinggi diberikan Hotel Dafam Semarang dengan angka 75 persen, sudah termasuk afternoon tea yang disediakan pihak hotel. Hm, menggiurkan!

Baca juga:
Tips Liburan Nyaman Saat Low Season
Diguyur Hujan Semalam, Tiga Kecamatan di Brebes Terendam Banjir

Namun, meski banyak keuntungan yang bisa didapatkan, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk piknik murah meriah pas low season ya, Millens. Pertama, kamu wajib memantau cuaca sebelum bepergian. Terus, cek pula akomodasi menuju tempat tujuanmu karena ada beberapa akomodasi yang nggak beroperasi saat low season.

Yap, mumpung lagi low season nih, kita piknik yuk! Prepare your backpack! (TS/IF)