Kenapa Seseorang Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain?

Kenapa Seseorang Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain?
Alasan membandingkan diri dengan orang lain. (Highwaystarz-Photography)

Sebagian orang sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Apa sih alasan sebenarnya?

Inibaru.id – Membandingkan diri dengan orang lain barangkali sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan setiap orang. Saking lumrahnya, sikap ini sulit dihentikan. Padahal, secara nggak sadar sikap itu bisa menimbulkan rasa iri dengan kehidupan orang lain, terlebih lagi di era digital yang nggak terlepas dengan media sosial.

Lantas mengapa sih seseorang suka sekali membandingkan diri dengan orang lain? Alasan paling sederhana adalah seseorang cenderung mencari kepastian dirinya lebih baik dibanding orang lain.

Dalam istilah psikologi, kondisi ini disebut social comparison atau perbandingan sosial. Kondisi ini merupakan kecenderungan seseorang untuk merasakan hal baik dan buruk dalam dirinya berdasarkan perbandingan dirinya dengan orang lain.

Kalau sikap itu diimbangi dengan keinginan memperbaiki diri sih nggak masalah. Sayang, kebanyakan orang hanya membandingkan diri sendiri tanpa ada usaha untuk memperbaiki diri. Hal inilah yang membuat orang akhirnya terjebak.

Terus membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuatmu iri dan frustasi jika tanpa melakukan tindakan apapun untuk memperbaikinya. Nah, sekarang coba lihat kembali dirimu dan kenali kebenaran yang sebenarnya. Dengan begitu kamu akan lebih menghargai dan mensyukuri apa yang kamu miliki sekarang.

Jika hal tersebut masih sulit untuk dilakukan, cobalah menghindari pemicu munculnya rasa membandingkan diri. Kalau rasa itu ditimbulkan karena pergaulan media sosial, mulailah atur jadwal membuka media sosial. Salah satu cara yakni membatasi waktu bermain media sosial.

Rumput tetangga memang selalu lebih hijau, tapi belum tentu lebih baik dari yang kamu miliki. So, setop membandingkan diri dengan orang lain ya, Millens. (IB24/E04)