Kenapa Hujan Bikin Sinyal Internet Lemot?

Kenapa Hujan Bikin Sinyal Internet Lemot?
Apa penyebab sinyal internet lemot saat hujan? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Sinyal internet bisa tiba-tiba lemot saat turun hujan. Meski sudah sering terjadi, tapi apa kamu sudah tahu penjelasan di balik peristiwa ini?

Inibaru.id – Hujan yang turun beserta angin kencang sering kali mengganggu aktivitas yang sedang kita jalani. Tapi yang paling bikin sebal adalah internet yang tiba-tiba jadi lemot saat hujan turun dengan derasnya. Bagaimana sih penjelasannya di balik peristiwa ini?

Perlu kamu ketahui, kuat atau lemahnya sinyal berasal dari Base Transceiver Station (BTS) atau pemancar sinyal. Kuat lemahnya sinyal internet dan telepon di ponselmu tergantung dari BTS ini. Saat sinyal ponsel kuat maka koneksi internet akan lancar, dan sebaliknya.

Ternyata air hujan yang jatuh saat hujan dapat mempengaruhi gelombang sinyal yang dipancarkan dari BTS. Peristiwa ini menyebabkan arah jalan gelombang sinyal jadi menyebar dan nggak menentu. Akibatnya, gelombang sinyal itu butuh waktu yang lama untuk sampai ke ponselmu.

Sinyal dari BTS biasanya terganggu saat hujan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Sinyal dari BTS biasanya terganggu saat hujan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Di samping itu, uap air juga dapat menyerap pancaran sinyal yang berjalan dari BTS ke ponselmu. Yang terparah, saat hujan angin dapat menyebabkan sinyal semakin lemah karena karena arah jalan gelombang sinyal semakin menyebar tertiup angin.

Sinyal juga biasanya akan mengikuti arah angin yang sedang berembus. Selain itu, angin yang terlalu kencang dapat menyebabkan kabel BTS bergeser dan mempengaruhi sinyal internet ke ponsel.

Mengatasi Sinyal Lemot Saat Hujan

Meskipun sinyal internet lemot saat hujan sudah jadi langganan, namun kamu bisa lo mengatasi hal ini. salah satunya dengan menggunakan aplikasi dengan mode lite yang lebih ringan. Selain bisa mengurangi beban jaringan, kamu juga bisa mengurangi beban data lo.

Apa yang bisa dilakukan agar sinyal internet kembali normal? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Apa yang bisa dilakukan agar sinyal internet kembali normal? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Jika kurang berhasil, kau bisa membersihkan cache ponselmu. Cache yang terlalu penuh dapat mempengaruhi performa ponselmu dan sinyal internet. Oh ya, kamu juga bisa menutup semua iklan agar beban jaringanmu nggak terlalu berat.

Opsi terakhir, kamu bisa memanfaatkan VPN untuk mengembalikan jaringan yang hilang. Beberapa ponsel sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengaktifkan VPN, namun jika ponselmu belum terdapat fitur ini, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

Memang sih menyebalkan banget mendapati internet lemot saat hujan. Namun jika nggak ada yang perlu dikerjakan dengan ponsel, lebih baik letakkan ponselmu sejenak saat hujan terlebih saat terjadi petir ya, Millens! (Bob/IB27/E05)