Kenali Tingkah 5 Hewan yang Bisa Deteksi Bencana Ini

Kenali Tingkah 5 Hewan yang Bisa Deteksi Bencana Ini
Hewan pendeteksi bencana. (Dinakaran)

Berbeda degan manusia, beberapa hewan berikut ini bisa mendeteksi datangnya bencana. Apa saja?

Inibaru.id – Bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini emang bikin was-was. Apalagi disekitar tempat tinggal belum ada sistem peringatan dini yang bisa mendeteksi datangnya bencana. Namun tahukah kamu? ternyata hewan punya insting yang bisa mendeteksi datangnya bencana alam lo.

Berdasarkan studi yang dilakukan beberapa para ahli, berikut adalah beberapa hewan yang dapat mengetahui datangnya bencana alam.

Anjing

Anjing. (Dailymail)

Anjing memiliki sensitivitas indera perasa 10 ribu kali lebih kuat dibanding manusia. Melalui indra penciuman yang sangat tajam, anjing dapat mengamati perubahan suhu udara sebelum badai atau gempa bumi terjadi. Jika kamu melihat anjing gemetaran dan merasa takut, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda bencana.

Kucing

Kucing. (iStockPhoto)

Kucing ternyata menjadi salah satu hewan yang cukup sensitif dalam mendeteksi datangnya bencana alam yang akan datang. Hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia ini akan berperilaku cukup aneh jika bencana akan datang, mereka akan mudah stress dan gampang ngamuk. Kucing menjadi salah satu hewan pendeteksi gempa yang bekerja melalui pendengarannya yang baik.

Gajah

Gajah. (Reuters)

Jika akan terjadi bencana, gajah akan memberontak dengan cara berlari sambil berteriak kencang dengan belalainya. Gajah merupakan hewan mamalia yang memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap tsunami karena indra pendengarannya yang tajam, mereka dapat mengetahui perubahan gelombang elektromagnetik.

Kuda

Kuda. (Intisari)

Kuda merupakan hewan paling sensitif dalam perubahan cuaca ekstrim dan pergerakan lempeng bumi. Saat akan terjadi bencana, kuda akan melompat dan meringkik keras secara terus-menerus dan sangat kencang.

Ikan Hiu

Ikan Hiu. (Engineering/ BP)

Tak hanya dikenal dengan keganasannya, ternyata hiu cukup peka terhadap datangnya bencana alam. Hiu memiliki sensor perasa yang sangat tajam sehingga dapat mengetahui perubahan suhu pada air laut, lalu mereka akan pergi menuju badai tersebut.

Itulah enam hewan yang sangat peka terhadap datangnya bencana alam. Jadi waspada jika mendapati tingkah aneh dari hewan-hewan tersebut ya, Millens! (IB24E06)

Baca juga: Berusia Seabad, Rumah Kuno di Semarang Ini Dihuni 70 Keluarga