Kenali Gejala Parkinson dari Ganguan-Gangguan Kecil Ini

Kenali Gejala Parkinson dari Ganguan-Gangguan Kecil Ini
Kenali gejala penderita Parkinson. (The Relion Group)

Penyebab pasti penyakit Parkinson memang belum diketahui. Namun gejala-gejala kecil yang sebelumnya dianggap enteng ternyata bisa menjadi salah satu indikasi kamu terkena parkinson.

Inibaru.id - Parkinson adalah penyakit  yang menyerang sistem saraf progresif. Pada penyakit ini, sel-sel tertentu di otak akan mengalami kerusakan secara bertahap. Hal inilah yang mempengaruhi gerakan pada tubuh. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, tapi ada dua faktor yang berperan besar dalam penyakit neurodegeneratif ini, yakni gen dan paparan racun tertentu.

Pengidap penyakit ini rata-rata terjadi pada usia 60-an, Millens. Tapi nggak menutup kemungkinan akan mewabah di usia yang lebih muda.  Bila ada yang didiagnosa terkena penyakit itu sebelum usia 50 tahun, berarti pengidap termasuk ke dalam golongan onset (serangan) dini Penyakit Parkinson, sekaligus termasuk ke dalam 10 hingga 20 persen dari semua kasus Parkinson yang ada. Pasalnya, sekitar 50% dari semua pasien Parkinson onset dini, didiagnosa sebelum usia 40 tahun.

Parkinson memiliki gejala yang terus berkembang secara perlahan, dan dalam perkembangannya itu bisa menyebabkan Demensia. Nah, berikut ini adalah gejala penyakit Parkinson yang wajib kamu ketahui.

Tremor

Tremor merupakan gejala awal. Gejalanya ditunjukan oleh gerakan ritmis yang terjadi secara nggak sengaja dan tidak terkendali pada anggota tubuh seperti tangan, kaki, dan dagu. Tremor karena parkinson disebut Tremor Istirahat, karena terjadi saat penderitanya sedang istirahat

Tremor akan terjadi secara bertahap dan akan semakin parah jika parkinson memasuki stadium lanjut. Hm

Berkurangnya Fungsi Indra Penciuman

Gejala ini merupakan salah satu yang paling mencolok karena nggak ada hubungannya dengan indera penciuman. Kehilangan kemampuan untuk menghirup bau ini biasanya terjadi sebelum penyakit parkinson datang.

Suara Mengecil dan Lembut

Mengecilnya suara merupakan salah satu dari gejala penyakit parkinson. Suara yang tadinya normal berubah menjadi mengecil dan lebih lembut daripada biasanya.

Bradykinesia

Istilah ini untuk menyebut gejala yang menyebabkan gerakan tubuh yang berubah menjadi lambat atau nggak bergerak sama sekali. Bradykinesia berkembang ke stadium lanjut, tepatnya stadium tiga.

Orang yang mengalami ini cenderung mengabaikannya karena lebih mengira hanya gangguan otot biasa. Padahal gejala inilah yang sebetulnya paling patut disorot, Millens.

Insomnia

Penerita Parkinson akan mengalami gangguan tidur, sperti insomnia, narkolepsi, sleep apnea dan gangguan tidur lainnya.

Berat Badan Turun

Penurun berat badan juga bagian dari parkinson. Gejala kehilangan kuasa dalam indera penciuman, depresi, dan gangguan pencernaan membuat penderita sulit mendapat asupan gizi sehingga menyebabkan berat badannya turun.

Psikologis Terganggu

Parkinson membuat tingkat dopamin pada tubuh menurun sehingga penderitanya suasana hati dan tingkah lakunya terganggu. Beberapa gejalanya meliputi depresi, kecemasan, psikosis, kebingungan, ketidakmampuan memecahkan masalah, dan Demensia.

Demikianlah gejala penyakit Parkinson yang  sebaiknya segera kamu ketahui. Waspada ya, Millens! (IB28/E05)