Kenali Esenfalitis, Penyakit yang Diderita Alfin Lestaluhu dan Cara Pencegahannya

Kenali Esenfalitis, Penyakit yang Diderita Alfin Lestaluhu dan Cara Pencegahannya
Alfin Lestaluhu. (Dok PSSI)

Pesepakbola Timnas U-16 Alfin Lestaluhu mengembuskan napas terakhirnya setelah menjalani perawatan intens akibat esenfalitis. Lalu apa itu esenfalitis dan bagaimana pencegannya?

Inibaru.id – Kabar duka datang dari dunia sepakbola Indonesia. Pemain Timnas U-16, Alfin Lestaluhu dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (31/10/2019) malam akibat esenfalitis atau populer sebagai radang otak. Alfin mengembuskan napas terakhirnya setelah menjalani perawatan intens di Rumas Sakit Royal Progress Jakarta.

Melansir dari laman Alodokter (1/7), radang otak merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan otak yang dapat menyebabkan gejala gangguan saraf. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa penurunan kesadaran, kejang atau gangguan dalam bergerak. Penyakit ini cenderung muncul tiba-tiba dan berkembang sangat cepat. Penanganan yang dibutuhkan pun harus cepat pula.

Kendati demikian, ada pencegahan yang dapat dilakukan untuk agar terhindar dari radang otak. Pencegahan radang otak yang dapat dilakukan adalah radang otak yang disebabkan oleh Japanese Enchephalitis Virus, virus campak dan virus mumps. Pencegahan ketiga ketiga virus tersebut dilakukan dnegan melakukan imunisasi penghalau ketiga virus tersebut pada saat bayi dan anak.

Jadwal pemberian imunisasi Japanese Encephalitis dilakukan pada usia 12 dan 24 bulan. Untuk imunisasi MMR (mumps, measles, rubella) diberikan pada usia 15 bulan dan 5 tahun. Sedangkan imunisasi campak dilakukan pada usia 9 bulan, 18 bulan (jika belum imunisasi MMR) dan5-6 tahun.

Namun, jika sobat Millens belum pernah melakukan imuniasi MMR, maka vaksin dapat diberikan kapan saja. Saat yang tepat untuk imunisasi MMR adalah saat  akan bepergian ke wilayah yang rentan terhadap infeksi. Berkonsultasi lah kepada dokter untuk sebelum memutuskan untuk imuniasi ya.

Nggak hanya vaksinasi, ada beberapa langkah sedehana lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan virus dan menurunkan risiko radang otak. diantaranya yakni dengan rajin mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari kamar mandi. Nggak berbagi penggunaan alat makan dengan orang lain, dan mencegah gigitan nyamuk dengan menggunakan lotion antinyamuk.

Nah dengan menjaga kebersihan pribadi pun ternyata bisa mencegah radang otak lo, Millens! (IB18/E05)