Kenali 5 Tanda Trauma Akibat Toxic Relationship

Kenali 5 Tanda Trauma Akibat <em> Toxic Relationship </em>
Ilustrasi pasangan bertengkar. (IStock)

Terjebak dalam toxic relationship dapat membuatmu merasa tertekan dan terluka yang berakhir pada trauma. Apa saja sih tanda-tanda trauma akibat toxic relationship?

Inibaru.id – Dalam menjalani suatu hubungan, ada kemungkinan kamu bakal terjebak dalam toxic relationship atau hubungan tidak sehat. Besar kemungkinan kondisi tersebut membuatmu merasa lelah dan tertekan.

Melansir Grid.id, (18/4/2018), toxic relationship adalah kondisi saat sebuah hubungan justru menjadi racun dalam hidupmu.

Hal itu ditandai dengan banyaknya masalah yang harus kamu hadapi saat bersama pasangan. Masalah tersebut bisa hadir dari dirimu sendiri atau pasanganmu. Kalau sudah begitu, perpisahan barangkali jalan terbaik untukmu.

Namun, saat akhirnya berhasil keluar dari hubungan itu, kamu bisa saja trauma. Nah, yuk kenali tanda-tanda trauma akibat toxic relationship berikut.

Susah Move On

Rasa sakit di masa lalu dapat membuatmu susah move on. (Pixabay)

Eits, jangan salah. Susah move on bukan hanya terjadi karena kamu terlalu sayang dengan mantan pasangan. Hal itu juga bisa terjadi saat kamu selalu terbayang-bayang dengan hubungan cintamu yang terlalu menyakitkan.

Merasa Nggak Percaya Diri

Kegagalan hubungan dapat berimbas pada kepercayaan dirimu. (Shutterstock)

Gagal dalam suatu hubungan mungkin saja membuatmu merasa nggak percaya diri. Hal itu bisa berdampak pada perubahan sikapmu seperti ekstra membatasi diri untuk bertemu dan berkenalan dengan orang baru. Kalau dibiarkan berlarut-larut, kamu bisa jadi anti sosial, lo.

Merasa Kesepian

Sikap menutup diri berimbas pada rasa kesepian. (Shutterstock)

Sikapmu yang  terlalu menutup diri dan membatasi diri dari orang lain secara nggak langsung membuat orang lain segan mendekatimu. Kalau sudah begitu, kamu bisa merasa kesepian tanpa kehadiran orang-orang terdekatmu.

Takut Memulai Hubungan Baru

Rasa trauma membuatmu takut untuk memulai hubungan baru. (Thinkstock)

Kegagalan di masa lalu bisa saja membuatmu susah untuk percaya pada komitmen dan orang baru. Yap, kamu nggak mau mengulang luka lama dan selalu terbayang sakit hati di masa lalu. Nggak heran kalau akhirnya kamu selalu takut untuk mulai menjalin suatu hubungan.

Terlalu Sering Minta Maaf

Rasa trauma membuatmu sering minta maaf bahkan untuk hal kecil yang nggak kamu lakukan. (Shutterstock)

Saat terjebak dalam toxic relationship, kamu bisa jadi merasa tertekan dan merasa menjadi pihak yang salah karena kegagalan hubunganmu. Perasaan itu berimbas pada seringnya kamu minta maaf. Bahkan, kamu juga minta maaf untuk hal kecil yang sama sekali bukan kesalahanmu.

Kalau kamu mengalami toxic relationship, jangan takut dan beranilah untuk keluar dari hubungan itu! Jatuh dan trauma nggak ada salahnya, kok, asal kamu nggak lupa untuk bangkit kembali. Be strong! (IB10/E04)