Kenalan dengan Mbah Minto: Pemeran Video Gagal Mudik yang Viral

Kenalan dengan Mbah Minto: Pemeran Video Gagal Mudik yang Viral
Mbah Minto, artis medsos gagal mudik. (Youtube/Ucup Klaten)

Mbah Minto menjadi pembicaraan banyak orang setelah video gagal mudik bersama Ucup menghiasi media sosial. Sikapnya yang lugu sering menimbulkan gelak tawa bagi orang yang menontonnya. Seperti apa ya sosoknya? Yuk kenalan.

Inibaru.id – Perempuan sepuh dan lugu bernama Mbah Minto (70) kini menjadi “artis” baru yang menghibur banyak orang lewat video-video pendek. Bersama content creator Muhammad Sofyan (30) atau Ucup, video bertema gagal mudik karena virus corona (Covid-19) sukses menghiasi media sosial Indonesia.

Salah satu yang paling banyak ditonton adalah video yang menceritakan seorang ibu yang diperankan Mbah Minto melarang anaknya (Ucup) mudik. Obrolan digambarkan terjadi saat Mbah Minto tengah duduk-duduk di rumahnya dengan suasana khas desa, sedangkan Ucup terlihat seperti anak kekinian dengan dandanan modern yang sedang merantau.

Kowe mulih malah nggawa virus, ra mesakke simbokmu iki? Rasah mudik le, sing penting dhuwite mulih (kamu pulang malah membawa virus, nggak kasihan sama ibumu ini? Nggak usah mudik Nak, yang penting uangmu sampai rumah),” kata Mbah Minto.

Adegan ketika Mbah Minto menelepon Ucup. (Youtube/Ucup Klaten)<br>
Adegan ketika Mbah Minto menelepon Ucup. (Youtube/Ucup Klaten)

Sontak, twist di akhir video ini membuat banyak orang terpingkal. Meski menggunakan bahasa Jawa, parodi ini tetap mendapatkan perhatian dari para warganet. Di Youtube, seenggaknya video tersebut telah ditonton oleh satu juta orang.

Mbah Minto ternyata benar-benar tinggal di desa, tepatnya di Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten. Dinding batako tanpa plester menjadi pemandangan sehari-hari yang bisa ditemukan di rumahnya. Nggak ada perabot rumah mewah yang menghiasi rumah itu. Saat ini Mbah Minto hidup bersama keponakannya Paimin.

Remen sanget damel tiyang sanes bingah (senang sekali bisa membuat orang lain senang),” kata ibu dari empat anak itu tentang videonya yang viral.

Bersama Ucup, Mbah Minto mengaku telah membuat banyak video. Keperluan dialog, adegan, dan lain-lain diarahkan oleh Ucup. Saking viralnya video-video tersebut, Mbah Minto bahkan sampai mendapat video call dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Mbah Minto bersama orang dekatnya. (Detik/Achmad Syauqi)<br>
Mbah Minto bersama orang dekatnya. (Detik/Achmad Syauqi)

Video call Ganjar dan Mbah Minto pun diabadikan dalam akun Instagram @ganjar_pranowo pada Sabtu (2/5/2020). Video dengan durasi 11 menit itu telah dilihat lebih dari 450 ribu kali. Nampak bincang-bincang tersebut berjalan dengan cair dan penuh canda tawa.

Mbah Minto yang ditemani Ucup sesekali terlihat nggak nyambung, namun hal ini justru menimbulkan gelak tawa. Misal, saat Ganjar menawarkan Mbah Minto kiriman, Mbah Minto justru bingung. Ucup pun kemudian membisikinya “THR” sehingga membuat orang tertawa.

Pak Ganjar kirimi THR saya, ganteng (Pak Ganjar kalau kirim saya THR, makin ganteng),” kata Mbah Minto bernada merayu. Jawaban tersebut pun kembali disambut dengan gelak tawa. Ganjar pun menuruti permintaan Mbah Minto. Dia berjanji akan memberi THR Rp 1 juta ke Mbah Minto lewat Ucup.

Ucup mengaku sudah bekerja sama dengan Mbah Minto sejak tahun lalu. Di awal-awal proses pembuatan video, Mbah Minto hanya dibayar Rp 20 ribu. Hanya, karena videonya viral, kini Mbah Minto bisa diberi Rp 500 ribu per video!

“Saya beri Rp 20.000 sekadar uang jajan. Anak-anak muda yang membantu saya Rp 50.000,” ucapnya.

Gimana Millens, kamu juga sekarang jadi fans berat Mbah Minto, nggak nih? (Det/MG26/E07)