Kemenristekdikti Rilis Daftar 8 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia

Kemenristekdikti mengeluarkan data tentang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Kampus mana sajakah yang masuk dalam daftar ini?

Kemenristekdikti Rilis Daftar 8 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia
ITB, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. (Liputan6)

Inibaru.id – Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengeluarkan data perguruan negeri terbaik di Indonesia. Pengumuman klasterisasi perguruan tinggi ini dilakukan pada Jumat (16/8) di Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta. Menristekdikti Mohamad Nasir langsung mengumumkannya.

Nasir menyebut tujuan pemetaan perguruan tinggi ini demi membuat kebijakan yang tepat untuk masing-masing perguruan tinggi sehingga lebih berkualitas.

“Tujuan dari pemetaan ini agar perguruan tinggi di Indonesia terdorong agar bisa semakin maju dan masuk ke kelas dunia,” jelas Nasir seperti yang ditulis laman Kompas, Sabtu (17/8/2019).

Terdapat lima klaster perguruan tinggi untuk tahun ini yang terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah Perguruan Tinggi Non-Vokasi (pendidikan akademik) layaknya universitas, sekolah tinggi, dan institut. Sementara itu, untuk kategori Perguruan Tinggi Vokasi adalah Politeknik dan Akademi.

Dari 2.141 perguran tinggi di Indonesia, Kemenristekdikti membaginya menjadi lima klaster. Klaster pertama terdiri atas 13 perguruan tinggi, klaster dua terdiri atas 70 perguruan tinggi, klaster tiga terdiri atas 338 perguruan tinggi, klaster empat sebanyak 955 perguruan tinggi, dan klaster 5 sejumlah 765 perguruan tinggi.

Berikut adalah 8 perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia tahun ini. Semua perguruan tinggi tersebut masuk dalam klaster satu.

  1. Institut Teknologi Bandung (skor 3.671)
  2. Universitas Gadjah Mada (skor 3.594)
  3. Institut Pertanian Bogor (skor 3.577)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (skor 3.462)
  5. Universitas Indonesia (skor 3.401)
  6. Universitas Diponegoro (skor 3.207)
  7. Universitas Airlangga (skor 3.056)
  8. Universitas Hasanuddin (skor 3.036)

Kampus Millens masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia nggak nih? (IB09/E04)