Kemendagri Keluarkan Mesin Cetak Dokumen Kependudukan Layaknya ATM

Kemendagri Keluarkan Mesin Cetak Dokumen Kependudukan Layaknya ATM
Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). (Humas Dukcapil/JPNN.com)

Demi memudahkan masyarakat membuat dokumen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri mengeluarkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Seperti apa sih mesin ini?

Inibaru.id – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri meluncurkan mesin pencetak dokumen seperti ATM dengan nama Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Kompas, Jumat (15/11/2019) menulis, ADM bisa digunakan masyarakat untuk mencetak berbagai macam dokumen Dukcapil seperti KTP elektronik, akta lahir, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA) atau akta kematian.

“Permohonan dari masyarakat bisa disampaikan secara langsung ke dukcapil atau melalui daring,” terang Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arid Fakrulloh.

Setelah mengajukan permohonan tersebut, masyarakat tinggal mencetak dokumen lewat mesin ADM tersebut. Mesin ini sudah dirancang khusus untuk memudahkan masyarakat agar bisa mencetak dokumen Dukcapil dengan mudah, cepat, gratis, dan berstandar sama.

“Cukup dari ADM, (mencetak dokumen) tidak perlu ke kantor dukcapil.Sistem ini bekerja dengan pengamanan NIK, pin, dan QR code," jelas Zudan.

Tahun ini, Kemendagri sudah memasukkan pengadaan mesin ADM ke e-catalog. Diharapkan, pemerintah daerah di Indonesia sudah bisa membeli dan menyediakannya di berbagai tempat demi memudahkan masyarakat yang ingin mencetak dokumen Dukcapil mulai tahun depan.

Ide pengunaan mesin ADM ini ternyata mendapatkan sambutan baik. Banyak pemerintah daerah yang berencana untuk membeli mesin ini.

“Saya yakin kepala daerah yang ingin memberikan layanan terbaik bagi masyarakatnya pasti butuh ini,” kata Zudan.

Hanya saja, Zudan memastikan bahwa hingga saat ini Kemendagri tidak mengeluarkan arahan yang isinya mewajibkan pemerintah daerah untuk membeli mesin ADM ini.

Wah semoga alat ini segera hadir di daerah-daerah untuk memudahkan mencetak dokumen kependudukan ya, Millens! (IB09/E06)