Gunung Merapi Kembali Keluarkan Letusan Freatik

Letusan Freatik Gunung Merapi kembali terjadi Senin (21/5/2018) dini hari. Erupsi kali ini berskala lebih kecil dari letusan pada Jumat (11/5) lalu.

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Letusan Freatik
Beberapa petani melihat letusan freatik pada Gunung Merapi. (Kompas.com)

Inibaru.id – Setelah meletus freatik pada Jumat (11/5/2018) lalu, Gunung Merapi kembali mengeluarkan letusan freatik pada Senin (21/5) pukul 01.25 WIB. Letusan itu berlangsung selama 19 menit dengan tinggi kolom mencapai 700 meter. Letusan ini lebih kecil bila dibandingkan dengan letusan freatik Jumat (11/5) dengan ketinggian kolom 5.500 meter.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida, membenarkan kejadian tersebut.

“Iya benar, telah terjadi letusan freatik skala kecil pada Gunung Merapi,” tutur Hanik seperti ditulis Kompas.com, Senin (21/5).

Berselang beberapa menit setelah letusan, terjadi hujan abu tipis di sekitar lereng Gunung Merapi akibat letusan freatik tersebut. Hal itu seperti yang disampaikan BPPTKG lewat Twitter resmi @BPPTKG, hujan abu terjadi di Cawang Bebeng, Magelang, Jawa Tengah.

Minggu (20/5) Gunung Merapi diketahui mengalami lima gempa. Lima gempa tersebut terdiri atas empat kali gempa guguran dan satu kali gempa tektonik jauh.

Kendati demikian, Gunung Merapi masih dinyatakan dalam level 1 atau normal. Warga diminta untuk selalu waspada dan mengantisipasi bahaya abu. Sementara itu, kini aktivitas pendakian hanya diperbolehkan sampai Pasar Bubrah di luar radius 2 km. (IB11/E04)