Kembali Membeku, Suhu Di Dieng 1 Minus Derajat Celcius Pagi Ini

Kembali Membeku, Suhu Di Dieng 1 Minus Derajat Celcius Pagi Ini
Embun beku di Dieng. (Twitter/Jomkitamy)

Pagi ini, Senin (17/6/2019), kawasan Dieng kembali membeku dengan suhu minus 1 derajat celsius. Seperti apa keadaannya?

Inibaru.id – Menjelang gelaran Dieng Culture Festival (DCF), suhu udara di kawasan Dieng, Jawa Tengah kembali mencapai titik beku. Bahkan, pagi hari ini, Senin (17/6/2019), tercatat suhu udara di datarang tinggi Dieng mencapai minus 1 derajat celsius.

Laman Detik, Senin (17/6) menulis, rerumputan dan daun-daun yang ada di kompleks Candi Arjuna terlihat membeku. Bahkan, atap-atap bangunan terlihat memiliki warna putih karena embun yang membeku.

“Munculnya es di Dieng sudah tiga kali terjadi selama tahun 2019. Hanya saja, kemunculan embun es ini lebih awal dari biasanya,” ungkap Hasta Priyandono, salah seorang masyarakat dari Desa Dieng Kulon.

Hasta juga menyebut embun yang membeku hanya berada di kawasan kompleks Candi Arjuna saja sehingga tidak begitu luas dan merusak tanaman. Mengingat puncak dari musim kemarau biasanya berlangsung di Bulan Agustus, diprediksi fenomena embun es ini akan kembali mendatangi Dieng di waktu dekat.

“Sejauh ini embun es hanya ditemukan di area candi, nggak sampai ke kebun kentang milik warga. Jadi, tanaman kentang warga nggak sampai rusak,” terang Hasta.

Gelaran Dieng Culture Festival ke sepuluh akan digelar pada 2-4 Agustus 2019. Selain berbagai pertunjukan seni budaya yang menarik, termasuk ritual adat pencukuran rambut gembel, pengunjung juga bisa menikmati keindahan kawasan candi yang ada di Dieng dan suhu udara yang sangat dingin bak musim dingin di luar negeri. Jika beruntung, kita juga bisa melihat embun es meskipun biasanya fenomena ini berlangsung di dini hari dan pagi hari saja.

Millens pernah melihat embun beku di Dieng, belum? Karena fenomena ini diprediksi masih akan terjadi, nggak ada salahnya kamu main-main ke sana sambil menikmati Dieng Culture Festival, nih. (IB09/E04)