Gunung Agung Erupsi Lagi

Gunung Agung, Bali kembali mengeluarkan abu. Kendati semburannya cukup tinggi, erupsi kali ini tergolong masih dalam kategori kecil.

Gunung Agung Erupsi Lagi
Warga melihat aktivitas vulkanik Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali (Antaranews.com/Nyoman Budhiana)

Inibaru.id - Aktivitas vulkanik kembali terjadi di Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali. Hal ini terlihat dari adanya abu yang keluar dari Gunung Agung pada Rabu (11/4/2018) pukul 09.04 WITA. Ketinggian abu tersebut mencapai 500 meter dari puncak Gunung Agung.

Okezone.com, Rabu (11/4) menulis, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kasbani membenarkan adanya erupsi di gunung tertinggi di Pulau Dewata itu. Kasbani mengungkapkan, erupsi kali ini masih tergolong kecil meski semburannya cenderung tinggi.

Kendati mengeluarkan semburan yang cukup tinggi, gunung setinggi 3.142 meter itu diprediksi nggak bakal mengakibatkan hujan abu vulkanik di daerah sekitar Gunung Agung.

Erupsi kali ini juga diprediksi nggak bakal mengakibatkan hujan abu vulkanik di daerah sekitar Gunung Agung. Kendati begitu, warga maupun wisatawan dilarang mendekati Gunung Agung dalam radius 4 km dari puncak.

Saat ini, Gunung Agung masih dinyatakan siaga (level 3). Selain menyemburkan abu, setidaknya ada dua kali gempa vulkanik dalam dan dua kali gempa vulkanik dangkal yang terjadi hari ini.

Semoga status Gunung Agung kembali normal agar penduduk dan wisatawan dapat beraktivitas kembali ya Millens. (IB16/E04)