Buka Pendaftaran PNS Gelombang 2, Tagar CPNS Jadi Trending Topic Indonesia

Lama tidak dibuka, lowongan CPNS tahun 2017 ini sontak diserbu masyarakat. Tak hanya itu, pembicaraan tentang lowongan CPNS ini bahkan menjadi trending topic di Indonesia.

Buka Pendaftaran PNS Gelombang 2, Tagar CPNS Jadi Trending Topic Indonesia
Illustrasi tes CPNS (Foto : google)

Inibaru.id - Sejak kepemerintahan presiden Joko Widodo pada 2014, pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memang cenderung jarang dilakukan. Bahkan, selama beberapa tahun, pendaftaran lowongan CPNS sama sekali tak dilakukan. Karena alasan tersebut, pembukaan kembali lowongan CPNS yang dilakukan pada pertengahan tahun 2017 ini sontak diserbu puluhan ribu peminat.

Pembukaan pendaftaran CPNS ini juga nampaknya menjadi fenomena tersendiri. Banyaknya orang yang membicarakan terkait lowongan CPNS khususnya di media sosial ternyata juga mempengaruhi trending topic di Indonesia. Sebut saja pada 6 September 2017 pukul 13:00 lalu, kata kunci CPNS berada di peringkat ke 7 trending topic untuk media sosial Twitter di Indonesia.

Baca Juga : Sepak Terjang Dan Alasan Sudirman Said Layak Maju Jateng Satu

Sebagai informasi, lowongan CPNS untuk tahun ini dibuka pada 60 Kementerian atau Lembaga dan 1 Pemerintah Provinsi, yakni di Kalimantan Utara. Setidaknya terdapat 17.428 lowongan yang disediakan di Kementerian atau Lembaga dan di Provinsi Kalimantan Utara dibuka 500 jabatan. Total, terdapat 17.928 posisi yang bisa diperebutkan para pencari kerja.

Alasan pemerintah memutuskan untuk membuka lowongan CPNS pada tahun ini karena kebutuhan pegawai untuk jabatan core business. Pasalnya, banyak PNS pada jabatan tersebut yang sudah memasuki masa pensiun sehingga harus segera digantikan.

Semenjak dibuka, kicauan warganet tentang pendaftaran CPNS memang terpantau sangat tinggi. Kebanyakan warganet berselanjar di dunia maya guna mencari tahu cara mendaftar CPNS. Selain itu, yang paling banyak diakses terkait dengan pembukaan pendaftaran CPNS ini adalah informasi tentang instansi mana saja yang membuka lowongan dan juga berbagai tips agar lolos seleksi pendaftaran CPNS.

Tak hanya ramai di media sosial, banyaknya peminat yang ingin mendaftar CPNS ini juga membuat situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni www.bkn.go.id, akhirnya tumbang karena terlalu banyak orang yang mengaksesnya. Hal ini terjadi pada hari Selasa, 5 September 2017 sejak pukul 00.01 WIB dini hari.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan seperti dilansir liputan6.com menyebutkan bahwa kapasitas website BKN memang kurang mampu melayani akses dalam jumlah pengunjung yang sangat banyak. Beruntungnya, hal ini sudah diperkirakan sebelumnya, sehingga para pelamar CPNS dapat mengakses website lain (https://sscn.bkn.go.id) untuk mendapatkan informasi tentang CPNS, khususnya tentang pengumuman kelolosan tes administrasi.

Baca Juga : DPR Ngotot Ingin Bangun Gedung Baru, Begini Komentar Pedas Mahfud MD

Ridwan juga menuturkan jika situs ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan mampu diakses setidaknya 500 ribu pengunjung setiap detiknya. Selain itu, pengumuman juga dilakukan melalui akun Facebook dan Twitter resmi milik BKN.

Lowongan CPNS tahun ini memang diburu masyarakat dengan jumlah yang luar biasa. Berdasarkan data pelamar CPNS pada Kemenkumham dan MA per 31 Agustus 2017, setidaknya sudah ada 1.146.853 pelamar. Angka ini tentu sangat besar mengingat jumlah lowongan yang dibuka di kedua instansi ini ternyata hanya 19.210 orang dimana Kemenkumhan hanya membuka 17.526 lowongan dan MA hanya membuka lowongan sebanyak 1.684 jabatan saja. (AW/IB)