Kemampuan Ini Bikin Kamu Selevel dengan Bethoven dan Mozart

Kemampuan Ini Bikin Kamu Selevel dengan Bethoven dan Mozart
Orang dengan kemampuan menganalisis nada disebut dengan absolute pitch. (Pexels/rawpixel.com)

Menebak nada dengan benar mungkin tampak sepel, tapi ternyata kemampuan ini nggak dimiliki banyak orang, lo. Kalau kamu termasuk orang yang selalu menebak nada dengan benar, kamu mungkin memiliki pitch perfect.

Inibaru.id - Kamu suka nyahut kalau mendengar musik dan menebak nadanya dengan tepat? Kemampuan macam ini dimiliki oleh komposer Mozart dan Bethoven. Penyanyi terkenal seperti Mariah Carey pun dipercaya memiliki kemampuan ini.

Kemampuan ini disebut dengan absolute pitch. Sering juga disebut dengan perfect pitch, pemilik kemampuan ini akan mampu mengidentifikasi nada spesifik tanpa bantuan referensi nada. Dia bisa menebak nada dengan mudah ketika mendengar bunyi sebuah instrumen tanpa harus mencarinya pada instrumen yang dimainkan.

Nah, kemampuan ini akan sangat menguntungkan untuk seorang musikus karena dia nggak perlu melihat  partitur untuk memainkan dan membuat sebuah lagu. Absolute pitch merupakan kemampuan yang langka lho, Millens. Hanya 1 dari 10.000 orang yang punya kemampuan ini. Wah!

Hasil penelitian menyebutkan, orang Asia lebih banyak memiliki kemampuan ini dibanding dengan ras Kaukasia. Orang yang terbiasa berlatih musik sejak usia di bawah 4 tahun juga berpeluang lebih besar untuk bisa memiliki kemampuan ini, Millens.

Nggak hanya dimiliki oleh manusia, absolute pitch juga dimiliki oleh hewan seperti song bird, tikus dan beo. Uniknya, orang yang punya kemampuan ini bahkan bisa mengidentifikasi nada pada suara-suara dalam kehidupan sehari-hari seperti knalpot, gelas pecah, atau dentingan alat makan. Keren ya!

Orang dengan kemampuan perfect pitch juga punya kemampuan linguistik yang lebih baik. Menurut penelitian, native speaker bahasa bernada seperti bahasa Thailand, Mandarin dan Vietnam dapat mengetahui nada lebih baik dari native speaker bahasa Inggris.

Meski tampak spesial, tapi kemampuan ini bisa dipelajari. Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan guru musik yang tepat. Jadi gimana, tertarik belajar? (IB27/E05)