Keluarga Korban Tubing asal Malaysia Jemput Jenazah di Magelang

Jenazah korban wisata tubing yang terseret arus banjir saat tubing di Kabupaten Magelang asal Malaysia telah dijemput keluarganya. Diperkirakan, sore ini jenazah sampai di negara asalnya.

Keluarga Korban Tubing asal Malaysia Jemput Jenazah di Magelang
Jenazah korban tubing asal Malaysia dijemput keluarga. (BPBD Kabupaten Magelang)

Inibaru.id – Jenazah Hanizah, perempuan 65 tahun asal Malaysia yang menjadi korban tragedi tubing Kali Gono telah diambil keluarganya di RSUD Muntilan, Kabupaten Magelang, Kamis (14/3/2019) pukul 19.00 WIB. Jenazah rencananya akan diterbangkan dari Yogyakarta Jumat (15/3) pagi.

Kompas.com, Jumat (15/3) menulis, keluarga Hanizah langsung menemui teman-teman korban dan agen pariwisata begitu tiba di Magelang. Setelah berbincang-bincang sebentar untuk saling menguatkan, pihak keluarga langsung melakukan penandatanganan berita acara sekaligus serah terima jenazah.

Penyerahan jenazah korban dilakukan Kepala Satuan Reskrim Polres Magelang AKP Bayu Puji Hariyanto. Pihak keluarga yang menerima adalah putri korban, Muhaini Shazi. Malam tadi, jenazah korban langsung dikirim ke Yogyakarta dari RSUD Muntilan untuk selanjutnya diterbangkan ke Malaysia.

Rekan korban yang juga agen pariwisata Erwin Santoso menyebut peti jenazah akan segera diganti dengan peti yang sesuai dengan standar internasional di Yogyakarta. Penggantian ini demi memperlancar pengiriman jenazah ke luar negeri menggunakan pesawat terbang. Proses itu dibantu Perkumpulan Urusan Kematian Yogyakarta (PUKY).

“Ada standar khusus untuk mengirim jenazah ke luar negeri dengan pesawat terbang seperti harus memakai peti berstandar internasional. Jumat pagi jenazah akan diterbangkan ke Jakarta. Setelahnya, jenazah akan dikirim ke Kuala Lumpur. Diperkirakan jenazah bisa sampai di Malaysia sore hari,” ungkap Erwin.

Hanizah adalah satu dari empat korban tewas akibat terseret arus banjir saat melakukan wisata tubing di Kali Gono, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang, pada Rabu (13/3) lalu. Tiga korban lainnya adalah Jully (42) warga Kalideres, Jakarta Barat; Tantri Ariestiawati (51 dari Kelapa Gading, Jakarta Utara; dan Sicilia Mantjoeng (48) dari Tebet, Jakarta Selatan. Ketiga korban asal Jakarta ini telah dimakamkan keluarganya. (IB09/E04)