Kelebihan Para Perempuan Sulung, Pas Nggak, nih?

Kelebihan Para Perempuan Sulung, Pas Nggak, nih?
Ada banyak kelebihan perempuan sulung yang serba bisa. (Pixabay/Dana Tentis via Tribunnews)

Seringkali anak pertama dituntut untuk serba bisa dan mandiri. Hal ini juga berlaku untuk perempuan. Apa saja ya kelebihan yang didapat berkat keahlian serba bisa ini?

Inibaru.id – Ada banyak tantangan berat yang harus dihadapi ketika terlahir sebagai anak perempuan pertama. Salah satu tantangan tersebut adalah dituntut untuk serba bisa. Hal ini wajar sih. Ketika masih kecil misalnya, orang tua sudah fokus pada adik-adiknya. Karena itu, anak sulung dituntut untuk mengerjakan semuanya sendiri.

Memang nggak mudah menerima dan menghadapi tuntutan untuk multitasking. Beberapa perempuan sulung mungkin merasakan tekanan yang memicu stres dan nggak nyaman ketika menjalaninya. Tapi di sisi lain, ada lo kelebihan yang dimiliki perempuan pertama karena dituntut serba bisa.

1. Nggak Gampang Panik ketika Menghadapi Situasi Nggak Terduga

Mereka tenang dalam kondisi apa pun. (Wallconvert via Hipwee)
Mereka tenang dalam kondisi apa pun. (Wallconvert via Hipwee)

Karena sudah terbiasa dituntut serba bisa, perempuan sulung nggak gampang panik saat menghadapi situasi yang nggak terduga. Walaupun nggak benar-benar mahir dalam menghadapi persoalan, seenggaknya mereka bakal tetap tenang ketika terimpit.

2. Berpikiran Positif

Ada dua sisi dalam segala hal yaitu positif dan negatif. Tapi perempuan sulung bakal lebih sering melihat sisi positif meski berada dalam situasi yang sangat sulit. Keuntungannya, mereka nggak gampang panik. Eits, “keahlian” ini nggak bisa didapat dalam waktu singkat ya. Ada proses panjang yang akhirnya mendewasakan.

3. Pemaaf

Perempuan sulung menyadari bahwa menyimpan dendam hanya menambah beban. (Shutterstock via Tribunnews)
Perempuan sulung menyadari bahwa menyimpan dendam hanya menambah beban. (Shutterstock via Tribunnews)

Perempuan sulung menyadari bahwa nggak selamanya dapat bergantung pada orang lain untuk menyenangkan hati. Orang-orang yang mengecewakan juga banyak di depan mata. Tapi, perempuan sulung memiliki hati yang lapang untuk dapat memaafkan orang lain. Mereka beranggapan hidup penuh dendam hanya memberatkan bahu.

4. Menjalani Keseharian dengan Rasa Percaya Diri Tinggi

Dari waktu ke waktu, kepercayaan diri yang tertanam makin kuat. Hal ini nggak lepas dari tuntuan serba bisa. Lama kelamaan, rasa percaya diri akan keahlian yang dimiliki semakin tinggi. Meskipun ada yang nggak dipahami, mereka nggak ragu untuk belajar dari nol.

5. Ahlinya Mengisi Hidup dengan Cara yang Lebih Berfaedah

Dengan kemampuan serba bisa yang dimiliki, perempuan sulung dapat membantu meringankan beban orang-orang di sekitarnya. Mereka dapat memudahkan kehidupan orang-orang terdekat.

Membahagiakan dan menyenangkan orang lain pun dapat membuat mereka merasa bahwa hidup yang dijalani ini punya manfaat dan makna. Kemampuan mengisi hidup dengan cara-cara yang lebih bermakna ini bisa menghadirkan kebahagiaan tersendiri dalam hidup.

Untuk semua perempuan sulung di mana pun berada, semoga lelahmu diganti dengan senyuman. Eh, betewe, kelebihan perempuan sulung di atas sesuai nggak dengan orang-orang di sekitarmu? Atau, kamu sendiri perempuan sulung di keluargamu? (Fim/IB21/E03)