Kejuaraan Catur Kilat di Bangkok, Indonesia Raup Tiga Emas

Kejuaraan Catur Kilat di Bangkok, Indonesia Raup Tiga Emas
Atlet Indonesia di Kejuaraan Catur Cepat. (ANTARA/PB Percasi )

Selain tiga medali emas, atlet Indonesia juga meraih tiga medali perak dan dua medali perunggu di Kejuaraan Catur Kilat 4th Eastern Asian Youth Chess Championship 2019.

Inibaru.id – Atlet catur Tanah Air kembali menorehkan prestasi luar biasa. Tampil di Kejuaraan Catur Kilat 4th Eastern Asian Youth Chess Championship yang diadakan di Bangkok Thailand, Indonesia meraup tiga medali emas dari sembilan babak yang digelar.

Selain tiga medali emas, Tim Indonesia juga mendapatkan tiga medali perak serta dua medali perunggu.

“Kami sangat mengapresiasi perjuangan para atlet. Bertanding dalam sembilan babak tentu sangat melelahkan, namun mereka bisa melakukannya,” ucap Ketua Kontingen Tim Catur Indonesia Agus Mulyono seperti ditulis laman Antaranews, Senin (5/8/2019).

Medali emas pertama diraih Cecilia Natailie Luvian di kelompok G-14. Setelah itu, Arjuna Satria Pambungkas (U-10) dan FM Daniel Lumban Tobing (U-16) melengkapi raihan medali emas Indonesia. Medali perak didapatkan Nayaka Budhidarma di kelompok U-14, Handaru Juan Izz Linardhi di kelompok U-12, serta Aura Cahyati Alfian di kelompok G-10.  Dua medali perunggu diraih WFM Christine Elisabeth di kelas G-18 dan As Syahsyah Syakish Thirof di kelas U-8.

“Kami sangat puas dengan raihan mereka. Pertandingan catur kilat dilakukan usai pertandingan ronde kedua catur klasik. Semua atlet dari Indonesia mengikuti dua pertandingan ini secara berurutan dan hasilnya memuaskan,” ucap Agus.

Pelatih Tim Catur Indonesia Taufik Halay menyebut para atlet mendapatkan tantangan yang cukup berat mengingat babak catur kilat dilakukan di antara pertandingan catur klasik. Mereka harus menyesuaikan strategi dan pola permainan dalam waktu yang sangat singkat.

“Ke depannya, kita harus mengatur strategi agar pemain bisa fokus pada pengaturan waktu. Perkembangan mental para pecatur junior ini harus kita beri penghargaan,” ucap Taufik.

Semoga para pecatur ini bisa semakin berprestasi di masa depan, ya, Millens. (IB09/E04)