Kebingungan Dewa Siwa saat Kedua Anaknya Berseteru Ingin Dinikahkan Lebih Dulu

Kebingungan Dewa Siwa saat Kedua Anaknya Berseteru Ingin Dinikahkan Lebih Dulu
Ilustrasi Dewa Siwa bersama Parwati dan kedua anaknya, Ganesha dan Kartikeya. (Apkpure)

Ganesha dan Kartikeya terlibat dalam persaingan untuk bisa dinikahkan terlebih dahulu. Namun, berkat kecerdikannya, Ganesha kemudian memenangkan perseteruan itu dengan mudah.

Inibaru.id – Ganesha dan Kartikeya adalah anak-anak dari Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Secara bersamaan, suatu ketika keduanya mengutarakan niat untuk menikah. Hal tersebut tentu saja membuat Siwa kebingungan. Hal serupa juga dirasakan Parwati, siapa yang sebaiknya dinikahkan lebih dahulu?

Bahkan, kebingungan Parwati kian menjadi-jadi. Melihat hal ini, Siwa dan Parwati pun memanggil kedua anaknya tersebut. Siwa pun memutuskan untuk memberikan keduanya tantangan yang sama.

"Kami telah merancang sebuah kompetisi. Kalian berdua harus melakukan perjalanan keliling dunia dan kembali ke sini. Siapa pun yang kembali pertama akan menikah lebih dulu. Itu harus adil dan jujur,” ungkap Siwa, yang disimak secara saksama oleh Ganesha dan Kartikeya.

Sesaat setelah perkataan itu dilontarkan, Kartikeya pun segera melesat meninggalkan kedua orang tuanya. Sementara, Ganesha memilih diam. Dia termenung lantaran menganggap hal tersebut mustahil untuk dilakukannya.

Ilustrasi Ganesha dan Kartikeya. (Hinducosmos.tumblr)
Ilustrasi Ganesha dan Kartikeya. (Hinducosmos.tumblr)

Namun, sejurus kemudian Ganesha memutuskan untuk mandi. Setelah itu, dewa pengetahuan dan kecerdasan ini pun mempersilakan kedua orang tuanya duduk di sebuah kursi. Ia bersimpuh di hadapan Parwati dan Siwa, bersujud, lalu mengitari keduanya sebanyak tujuh kali.

"Sekarang tolong persiapkan pernikahan saya,” ucap Ganesha begitu selesai memutari kedua orang tuanya.

Mendengar apa yang dikatakan Ganesha, Siwa dan Parwati tercengang. Siwa lantas meminta Ganesha untuk segera menyusul Kartikeya mengelilingi dunia, bukannya berdiam diri. Namun, di luar dugaan, Ganesha malah mengatakan bahwa dia telah menyelesaikan tantangan itu.

"Saya sudah berkeliling dunia tujuh kali," ujarnya dengan serius. "Apakah saya tidak mengitari kalian berdua sebanyak tujuh kali? Weda mengatakan, mengitari orang tua sama dengan mengitari dunia. Jika Anda tidak ingin menyatakan Weda salah, kalian harus setuju bahwa saya telah mengitari dunia tujuh kali."

Ilustrasi: Ganesha akhirnya memenangkan tantangan. (The Economic Times)
Ilustrasi: Ganesha akhirnya memenangkan tantangan. (The Economic Times)

Nggak ingin memembantah bahwa apa yang tertulis dalam Weda adalah salah, Siwa dan Parwati pun pada akhirnya menerima logika sang anak. Pernikahan pun segera digelar. Ganesha dinikahkan dengan Siddhi dan Buddhi, dua anak dari Wiswarupa.

Ada beragam versi terkait pernikahan ini. Namun, salah satu versi mengatakan Ganesha dan Siddhi kemudian memiliki seorang anak bernama Laksha. Sementara, perkawinan dengan Buddhi melahirkan anak bernama Labha.

Gimana dengan Kartikeya? Sepulang dari menyelesaikan tantangan mengelilingi dunia yang diperintahkan Dewa Siwa, betapa kaget Kartikeya mendapati Ganesha sudah menikah, bahkan telah memiliki anak. Sosok yang dikenal sebagai dewa perang itu merasa telah dibodohi.

Penggambaran Kartikeya. (Shriradhemaa.blogspot)
Penggambaran Kartikeya. (Shriradhemaa.blogspot)

Sakit hati, Kartikeya memilih untuk tidak tinggal bersama kedua orang tuanya. Selain itu, ia juga memutuskan untuk tidak akan pernah menikah . Dalam kepercayaan Hindu, Kartikeya disebut Kumara atau seseorang yang nggak menikah.

Kartikeya kemudian memilih tinggal di Gunung Krouncha. Kendati nggak tinggal bersama, hubungan Kartikeya dengan Siwa dan Parwati masih terjalin baik. Siwa mengunjungi anaknya itu pada hari mekar (amavasya), sedangkan Parwati pada hari bulan (purnima). Hm, menarik ya, Millens(Kit/IB27/E03)