Kebijakan Privasi Whatsapp Berubah, Banyak Pengguna Bakal Pindah Telegram?

Kebijakan Privasi Whatsapp Berubah, Banyak Pengguna Bakal Pindah Telegram?
Whatsapp terancam ditinggalkan penggunanya ke Telegram karena nggak puas dengan kebijakan privasi yang baru. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Kerjasama Whatsapp dengan Facebook membuatnya memiliki kebijakan baru yang mempengaruhi privasi. Masalahnya, banyak penggunanya yang menganggap kebijakan baru ini merugikan. Hal ini membuat banyak banyak orang mulai berpikir untuk pindah ke Telegram, lo.

Inibaru.id - Pengguna Whatsapp akan dipaksa membagikan data-datanya ke Facebook meski nggak menyetujuinya. Perkara itu bakal terjadi karena Whatsapp akan bermitra dengan Facebook. Kerja sama ini membuat adanya perubahan pada kebijakan privasi dan persyaratan layanan.

Sebetulnya, kebijakan ini adalah bagian dari tindak lanjut imbauan yang telah muncul sejak Juli 2020. Hanya, saat itu Whatsapp masih menawarkan opsi ke pengguna untuk membolehkan pembagian data dengan Facebook atau tidak. Hal yang berbeda terjadi saat ini, di mana pengguna mau nggak mau harus membagikan datanya ke Facebook.

Pembaruan tersebut meliputi bagaimana pihak WhatsApp akan memproses data dari penggunanya, mengakses layanan di Facebook untuk menyimpan dan mengelola obrolan di WhatsApp, serta bagaimana WhatsApp akan melakukan integrasi lebih dalam dalam semua sektor dan produk perusahaan usai bermitra dengan Facebook.

Berbagai kebijakan ini langsung mendapatkan kritikan dari pengguna. Mereka menyebut kebijakan baru ini nggak sesuai dengan jargon Whatsapp ketika kali pertama muncul.

"Menghormati privasi Anda telah menjadi DNA kami. Sejak kami membuat Whatsapp, kami ingin membangun layanan dengan memegang teguh prinsip privasi," bunyi jargon tersebut.

Kebijakan baru ini dianggap nggak menghargai privasi pengguna. Sebagai contoh, jika kamu membagikan sebuah artikel di kolom chat, maka pihak ketiga bisa mendapat informasi terkait dengan akses artikel tersebut. Bahkan, operator telekomunikasi juga bisa mengetahuinya meski pihak ketiga sama sekali nggak membuka isi percakapan.

Sebenarnya, kerjasama dengan pihak ketiga dilakukan untuk menyediakan data bagi Whatsapp untuk mengoperasikan pesan instan. Data ini juga digunakan untuk memodifikasi fitur-fitur Whatsapp sekaligus membantu pemasaran. 

Pengguna Whatsapp berpotensi akan banyak yang berpindah ke Telegram. (Lifewire.com)
Pengguna Whatsapp berpotensi akan banyak yang berpindah ke Telegram. (Lifewire.com)

Berbagai Kelebihan Telegram yang Membuatnya Dianggap Lebih Aman

Gara-gara kebijakan privasi yang dianggap merugikan ini, belakangan ini banyak warganet yang menyarankan pengguna WhatsApp untuk pindah ke Telegram. Aplikasi perpesanan ini juga mulai digunakan banyak orang. Hanya, sebenarnya apa saja sih kelebihan yang ditawarkan dari aplikasi ini? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Punya Penyimpanan Cloud

Fitur ini memungkinkan Telegram bisa menyimpan semua riwayat percakapan kita meskipun kita berkali-kali keluar-masuk akun. Hal ini sangat berbeda dengan WhatsApp yang nggak bisa secara otomatis melakukan penyimpanan. Meski begitu, layanan Cloud ini dibatasi hanya 1,5 GB untuk setiap file. 

2. Bisa Mengirim File Asli Tanpa Dikompres

Kalau di Whatsapp, foto yang dikirim akan terkompres resolusinya secara otomatis. Hal yang berbeda berlaku di Telegram. Ukuran dan resolusi file sama sekali nggak akan berubah.

3. Kapasitas Anggota Grup Sampai 5000 orang

Di Telegram, kamu bisa menemukan fitur “SuperGrup”. Fitur ini memungkinkan kapasitas grup obrolan kamu bertambah dari 200 jadi 5.000 orang.

4. Fitur Secret Chat

Kamu bisa menggunakan fitur Secret Chat untuk percakapan yang membutuhkan privasi lebih tinggi. Fitur Secret Chat dibuat di antara dua perangkat, sehingga pesan ini nggak bisa diakses di perangkat lain dan nggak akan tersedia di Cloud. 

5. Bisa Menggunakan Beberapa Nomor Sekaligus

Kalau di Whatsapp kamu hanya bisa memakai satu nomor, di Telegram beda. Kamu bisa memakai beberapa akun tanpa perlu repot mentransfer kontak pada nomor kontak yang baru. Kamu pun nggak perlu khawatir akan kehilangan riwayat obrolan.

Gimana, Millens, kamu tetap setia menggunakan WhatsApp beserta dengan kebijakan privasinya yang baru atau tertarik pindah ke Telegram, nih? (Idn/IB28/E07)