Biar Nggak Bingung, Pahami Dulu Ketentuan Bagasi Pesawat Berikut

Biar Nggak Bingung, Pahami Dulu Ketentuan Bagasi Pesawat Berikut
Pesawat Citilink. (Tribunnews/Choirul Arifin)

Belakangan, sejumlah maskapai bertarif rendah memberlakukan tarif bagasi bagi penumpang. Hal ini sesuai dengan undang-undang yang memperbolehkan maskapai-maskapai tersebut menarik biaya bagasi.

Inibaru.id – Mulai 22 Januari lalu, Lion Air dan Wings Air memberlakukan kebijakan bagasi berbayar bagi para penumpangnya. Kebijakan itu lantas diikuti maskapai kategori LCC (Low-cost Carrier) lainnya yakni Citilink. Maskapai yang identik dengan warna hijau itu rencananya baru menerapkan kebijakan tersebut mulai 8 Februari 2019.

Citilink memberlakukan ketentuan bagasi itu hanya untuk penerbangan domestik. Sementara, penumpang dengan rute internasional atau yang sudah tercatat menjadi anggota Supergreen dan Garudamiles mendapat bagasi gratis sebesar 10 kilogram. Bagasi gratis itu juga diberikan kepada penumpang yang membeli green seat

Pada awalnya, sejumlah pihak mempertanyakan kebijakan baru tersebut. Namun, ketentuan ini rupanya sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.

Dalam pasal 22 disebutkan, maskapai yang termasuk dalam kelompok layanan no frills dapat membebankan biaya bagasi kepad penumpang. Sementara itu, maskapai dalam kelompok layanan full service, paling banyak menyediakan bagasi sebesar 20 kilogram tanpa dikenakan biaya, sedangkan kelompok layanan medium service paling banyak memberikan bagasi gratis 15 kilogram untuk penumpang.

Nah, Lion Air, Wings Air, dan Citilink termasuk dalam kelompok layanan no frills sehingga boleh memberlakukan bagasi berbayar. Selain ketiga maskapai tersebut, Air Asia dan Susi Air juga berada dalam kelompok yang sama. Sementara, kelompok layanan full service dihuni dua maskapai yakni Garuda Indonesia dan Batik Air seperti yang diinformasikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dalam Instagram resminya.

Mengenai biaya bagasi, setiap maskapai memiliki kebijakan tersendiri. Lion Air dan Wings Air misalnya mematok tarif bagasi mulai dari Rp 55 ribu dengan berat 5 kilogram hingga Rp 330 ribu untuk 30 kilogram. Kendati demikian, baik Citilink maupun dua maskapai di bawah Lion Group memperbolehkan penumpang membawa barang ke kabin dengan berat maksimal 7 kilogram.

Eits, tapi kamu perlu memperhatikan dimensi barangnya, ya. Lion Air dan Wings Air membolehkan barang dengan dimensi maksimal 40 cm x 30 cm x20 cm. Sementara Citilink, mengizinkan penumpang membawa dimensi maksimal 58 cm x 46 cm x 23 cm.

Gimana sobat Millens? Menurutmu ketentuan ini memberatkan nggak sih? (IB07/E04)