Kebiasaan Orang Korea Ini Dianggap Aneh dan Nyeleneh Orang Asing

Kebiasaan Orang Korea Ini Dianggap Aneh dan Nyeleneh Orang Asing
Sejumlah kebiasaan orang Korea yang aneh dan nyeleneh. (Flickr/ Sabishii Seishun)

Kebiasaan orang Korea banyak dicari tahu penggemar K-pop dari seluruh dunia. Hanya, terkadang kebiasaan-kebiasaan ini justru dianggap aneh dan nyeleneh. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Demam K-pop memang sudah mendunia, termasuk di Indonesia. Saking demen-nya orang Indonesia dengan apapun berbau Korea, kebiasaan orang Korea juga sampai dicari-cari lo. Nah, kalau kamu cermat, ada lo kebiasaan orang Korea yang dianggap aneh bagi orang asing, termasuk orang Indonesia.

Memang, di sejumlah film, drama, atau acara reality khas Korea Selatan, kamu bisa menemukan sejumlah kebiasaan orang Korea yang unik. Namun, tetap saja ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin kamu kaget kalau ketemu orang Korea asli atau bahkan datang ke Korea langsung. Yuk, simak, apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Hadiah Ulang Tahun Adalah Operasi Wajah

Eh ini beneran, lo, Millens. Meski nggak semua orang melakukan operasi plastik di Korea, hal ini sebenarnya cukup wajar dilakukan di sana. Biasanya sih ya, saat seseorang sudah berulang tahun ke-16, mereka sudah bisa meminta operasi untuk membuat lipatan kelopak mata.

Kamu tahu sendiri kan orang Korea aslinya nggak punya lipatan kelopak mata layaknya yang biasa dimiliki orang Indonesia. Jadi, mereka ingin membuatnya agar terlihat lebih cantik.

Saking populernya permintaan operasi plastik untuk lipatan mata ini, ulang tahun ke-16 seringkali sangat ditunggu-tunggu sebagaimana ulang tahun sweet seventeen di banyak negara. Mengapa 16 ya? Hal ini juga disebabkan oleh kebiasaan unik lain dari orang Korea, yakni menambahkan usianya dengan satu tahun tambahan. Jadi, kalau usia aslinya dari tanggal lahir adalah 16, mereka bilangnya 17 tahun, Millens.

Operasi plastik sudah jadi hal lazim di Korea. (Flickr/ Huiju Sin)
Operasi plastik sudah jadi hal lazim di Korea. (Flickr/ Huiju Sin)

Mengapa begitu? Yak arena alasannya adalah mereka menambah usia 9 bulan di dalam kandungan. Jadi, bagi orang Korea, janin di dalam kandungan sudah dihitung usia hidup, deh.

Jarang Pakai Google sebagai Mesin Pencari saat Berselancar Internet

Orang korea dikenal sangat nasionalis dalam hal memakai barang-barang produksi dalam negeri. Nggak hanya soal barang elektronik atau bahkan mobil, mereka bahkan sampai nggak memakai Google sebagai mesin pencari saat berselancar di Internet.

Lantas, apa mesin pencari yang mereka gunakan? Yang paling populer si Naver atau Daum. Jadi wajar deh kalau kamu jarang nemu Google atau bahkan browser seperti Chrome dan Mozilla Firefox di sana.

Kaus Kaki Wajib Dipakai

Meski suhu panas, sebaiknya kamu memakai kaus kaki di dalam rumah. Apalagi jika bertamu. Menunjukkan kaki dianggap sebagai hal yang kurang sopan, lo di sana. Ingat ya, ini masalah etika saja saat bertemu dengan orang lain.

Pohon Dipasangi Infus

Sebenarnya sih nggak infus beneran Millens. Infus ini semacam pupuk yang bisa memberikan nutrisi bagi pepohonan di sana. Tujuannya, ya biar pohonnya bisa tumbuh subur dan sehat. Maklum, mereka juga menganggap pohon sebagai mahluk hidup yang harus disayang.

Ada lagi nggak nih kebiasaan orang Korea yang nyeleneh bagi orang asing yang kamu tahu, Millens? (IB09/E05)