Kebiasaan Minum yang Bikin Hati Rusak

Kebiasaan Minum yang Bikin Hati Rusak
Minum minuman bersoda terlalu banyak membuat hati rusak. (Shutterstock via Kompas)

Hati merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh. Karena itu, kesehatannya nggak boleh diabaikan. Beberapa hal sepele seperti kebiasaan minum bisa merusak kesehatannya.

Inibaru.id – Datangnya penyakit terkadang nggak memandang usia. Bisa saja kaum milenial seperti kamu mengalaminya karena kebiasaan yang nggak baik. Bahkan, kebiasaan minum nggak sehat bisa merusak hati. Beberapa minuman yang bisa membuat hati jadi rusak adalah minuman berakohol hingga kurang minum air putih.

Tahu kan kalau hati merupakan salah satu organ terpenting di tubuh karena berperan sebagai pembangkit tenaga bagi organ-organ tubuh lainnya. Tanpa kamu disadari, hati bekerja lebih keras untuk tubuh, lo.

Fungsi hati yang umum diketahui adalah menyaring dan membersihkan darah. Selain itu, hati juga berfungsi untuk memproduksi dan metabolisme protein, tempat penyimpanan nutrisi, hingga memproduksi empedu.

Karena itu, kesehatan hati harus terus diperhatikan kalau ingin selalu sehat dan bugar. Dilansir dari Eat This (7/4), salah satu cara yang bisa dilakukan dengan mengikuti pola makan sehat. Mengonsumsi lemak sehat, membatasi konsumsi gula tambahan, hingga mengindari kebiasaan minum nggak sehat merupakan beberapa di antaranya.

Terus apa saja kebiasaan minum nggak sehat yang dimaksud? Berikut penjelasannya!

Minuman Bersoda

Minuman bersoda adalah salah satu jenis minuman yang paling nggak sehat. Beberapa merek mungkin mengeluarkan versi diet yang diklaim lebih sehat. Tapi ini nggak sepenuhnya baik. Jika terlalu sering dikonsumsi, hatimu bisa rusak.

Kalau kata ahli diet Trista Best, soda dapat mendatangkan malapetaka pada hati seseorang dengan menyebabkan penumpukan lemak yang pada akhinya menyebabkan penyakit hati jika dibiarkan terus-menerus. Duh, mengerikan ya?

"Ini terutama karena gula rafinasi dan sirup jagung fruktosa tinggi yang dikandungnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gula rafinasi mungkin memiliki efek yang bisa lebih merusak hati daripada alkohol, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah besar," lanjut Best.

Minuman Beralkohol

Kandungan alkohol bisa membuat sel-sel hati jadi rusak dan hancur. (via Liputan6)
Kandungan alkohol bisa membuat sel-sel hati jadi rusak dan hancur. (via Liputan6)

Hati merupakan salah satu organ yang paling terpengaruh jika kamu nekat minum minuman beralkohol. Apalagi jika mengonsumsinya secara terus menerus.

"Ini karena hati adalah organ detoksifikasi alami tubuh. Hati menyaring semua yang masuk ke dalam tubuh, termasuk alkohol. Kandungan alkohol dapat menyebabkan sel-sel hati menjadi rusak dan hancur seiring waktu yang mengakibatkan jaringannya tidak beregenerasi," sambungnya.

Kurang Minum Air Putih

Air putih sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari agar tubuh terhidrasi. Asupan air putih yang cukup setiap hari sangat penting untuk menjaga kesehatan hati.

"Menurut sebuah studi populasi yang diterbitkan pada April 2021,orang dengan asupan air lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami penyakit hati berlemak," terang ahli diet Vandana Sheth.

Banyak Konsumsi Minuman Manis

Bukan cuma minuman bersoda, beragam minuman manis juga nggak baik untuk hati. Kalau kamu termasuk pelanggan setia jus kemasan dalam botol atau kotak, sebaiknya mulai membatasinya. Kamu mungkin berpikir produk ini sehat, padahal kandungan gulanya terlalu banyak.

Selain itu, kopi kekinian juga perlu kamu waspadai karena biasanya diracik dengan aneka sirup hingga krimer yang berlemak.

"Ada juga yang disebut penyakit hati non-alkohol (NALD), atau steatohepatitis non-alkohol (NASH), yang bisa terjadi ketika kita terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman olahan," ujar ahli gizi Dana Ellis Hunnes.

Jika kamu terlalu sering mengonsumsi minuman-minuman ini, visceral (lemak yang tersembunyi dalam tubuh) bisa terjadi. Ini juga dapat menyebabkan sirosis dan berpotensi bikin kamu butuh transplantasi hati.

Jadi gimana nih? Jangan karena Lebaran, kamu jadi sembarangan minum yang nggak sehat ya, Millens? (Det/IB21/E07)