Kebiasaan Makan yang Bisa Bikin Perut Rata, Apa Saja?

Kebiasaan Makan yang Bisa Bikin Perut Rata, Apa Saja?
Sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk bikin perut rata. (Flickr/ Skaja Lee)

Nggak hanya dengan berolahraga, kebiasaan makan juga perlu kamu perhatikan kalau kamu pengin bikin perut rata. Lantas, apa saja yang perlu kamu lakukan, ya?

Inibaru.id – Mendapatkan perut rata adalah dambaan sebagian orang. Nggak hanya soal membuat penampilan lebih baik, tubuh juga bakal terasa jauh lebih nyaman.

Kamu tahu sendiri betapa nggak enaknya memiliki masalah perut buncit? Nggak hanya membuat baju apapun rasanya jadi nggak cocok dipakai, saat melakukan sejumlah aktivitas, apalagi yang membuatmu harus menekuk badan atau menekan perut, rasanya pasti sangat nggak nyaman.

Masalahnya, membuat perut rata itu nggak semudah membalikkan telapak tangan. Selain rajin berolahraga, kamu juga  harus memperhatikan pola makan kamu. Nah, berikut ini adalah kebiasaan makan yang bisa bikin perut rata. Apa saja, ya?

Perhatikan Apa Saja yang Kamu Makan

Kalau kamu pengin perut rata, mau nggak mau harus memperhatikan apa yang kamu makan, deh. Jangan berlebihan makan-makanan berkarbohidrat atau yang tinggi kalori. Contohlah, coba deh kurangi kebiasaan ngemil yang nggak sehat.

Nah, biar kamu lebih mudah menahan keinginan untuk ngemil, kamu pun sebaiknya meningkatkan asupan protein kamu deh. Protein bisa membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga bisa membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Dampaknya, pembakaran energi jadi lebih maksimal, pembakaran lemak juga bakal berlangsung lebih baik, termasuk lemak di perut kamu tuh.

Selain itu, kamu sebaiknya juga memperbanyak asupan serat, khususnya dari sayur dan buah. Serat bisa membuatmu kenyang sehingga nggak mudah lapar atau tertarik untuk ngemil. Andaipun kamu pengin ngemil, coba deh makan buah saja yang lebih sehat, Millens.

Pola makan sangat berpengaruh kalau kamu pengin mendapatkan perut rata. (Flickr/

David Stewart- Homegets.com)
Pola makan sangat berpengaruh kalau kamu pengin mendapatkan perut rata. (Flickr/ David Stewart- Homegets.com)

Makan dengan Pelan

Coba deh makan dengan lebih pelan dan kunyah makananmu dengan lebih baik. Meski terkesan sepele, hal ini bisa membantumu menurunkan berat badan dan mengatasi perut buncit. Dengan makan secara pelan, perutmu bakal memberikan sinyal kenyang meski nggak banyak makanan yang masuk. Proses pencernaan makanan juga bakal berlangsung lebih optimal.

Perhatikan Kebiasaan Minum

Jangan salah, kebiasaan minummu juga bisa membantumu mendapatkan perut rata, lo. Banyak minum bisa membantumu nggak mudah kelaparan. Otomatis, kamu nggak gampang tertarik untuk ngemil, deh.

Usahakan minum setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap hari ya. Manfaatnya, banyak, lo.

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Pencernaanmu nggak bakal berfungsi dengan maksimal kalau kamu langsung tidur setelah makan. Dampaknya bisa bikin perutmu membuncit, lo. Karena alasan inilah sebaiknya kamu nggak melakukannya.

Jadi, itulah cara bikin perut rata, Millens. Nggak sulit, kan?(Cnn/IB09/E05)