Kebanyakan Main Gim, Siap-Siap Saja Terkena Penyakit Ini!

Kebanyakan Main Gim, Siap-Siap Saja Terkena Penyakit Ini!
Ilustrasi bermain gim. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kebanyakan orang bermain gim untuk menghilangkan stress. Namun, terlalu lama bermain gim ternyata juga berisiko lo. Nggak hanya badan yang lelah, bisa jadi kamu akan terkena penyakit-penyakit ini!

Inibaru.id - Bermain gim merupakan salah satu kegiatan menarik yang sering dilakukan oleh banyak orang untuk sekedar bersenang-senang maupun mengisi waktu senggang.

Saking asyiknya, banyak orang yang lupa waktu saat bermain gim. Padahal, kalau hal itu sering dilakukan, tentu nggak baik bagi kesehatan dan akan menimbulkan banyak akibat buruk, termasuk datangnya penyakit.

Apa saja sih penyakit yang bisa muncul kalau kamu kebanyakan main gim? Yuk, simak!

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Ilustrasi CTS. (Sportsmedicine)
Ilustrasi CTS. (Sportsmedicine)

Carpal Tunnel Syndrome merupakan penyakit yang bisa membuat tanganmu mati rasa, nyeri, bahkan melemah. Sindrom ini disebabkan oleh bagian saraf di tangan, tepatnya di sekitar pergelangan tangan terjepit atau mengalami tekanan berlebihan yang terlalu lama.

Nggak hanya karena kebanyakan main gim, bisa jadi hal ini disebabkan oleh kebiasaan memainkan ponsel atau komputer terlalu lama.

Migrain

Ilustrasi migrain. (Shutterstock)
Ilustrasi migrain. (Shutterstock)

Kamu pasti pernah merasakan migrain atau sakit kepala sebelah akibat terlalu lama bermain gim. Selain karena gim, kebiasaan menatap layar ponsel atau monitor laptop terlalu lama juga bisa menyebabkan dampak yang sama.

Insomnia

Ilustrasi insomnia. (Shutterstock)
Ilustrasi insomnia. (Shutterstock)

Insomnia atau gangguan susah tidur menjadi salah satu penyakit yang paling sering dialami oleh para gamers. Meski terlihat sepele, dampak dari insomnia bisa sangat berbahaya, lo, Millens. Sistem imunmu bisa anjlok sehingga kamu pun mudah sakit. Selain itu, kadar kolesterol dan tekanan darah bisa naik drastis. Risiko terkena penyakit jantung dan stroke bisa naik!

Nyeri Punggung

Ilustrasi sakit punggung. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit punggung. (Shutterstock)

Nyering punggung merupakan masalah selanjutnya yang kerap dialami oleh para gamers. Nyeri ini ditimbulkan karena berlebihan bermain gim. Apalagi jika posisi tubuh saat memainkannya nggak ideal. Kalau kamu nggak istirahat atau mengobati masalah ini, bisa jadi punggungmu akan mengalami cedera permanen, lo.

Computer Vision Syndrome (CVS)

Ilustrasi VCS. (Gyanchand)
Ilustrasi VCS. (Gyanchand)

Computer Vision Syndrome atau VCS merupakan gangguan pada mata yang disebabkan oleh terlalu lama menatap layar komputer atau ponsel. Hal tersebut sering dilakukan oleh para gamers yang sudah kecanduan bermain gim hingga lupa waktu. Biasanya, gejala dari masalah kesehatan ini adalah pandangan yang mulai kabur atau tidak jelas.

Segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik, Millens. Boleh saja menghabiskan waktu atau bersenang-senang dengan bermain gim, tapi jangan sampai berlebihan dan lupa waktu ya. (IB24/E07)