Kebakaran RSUD Kota Tangerang Berasal dari Konsleting Listrik

Kebakaran RSUD Kota Tangerang Berasal dari Konsleting Listrik
Mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api di RSUD Kota Tangerang. (nasionalnews.id)

Kebakaran yang melanda Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang pada Senin (25/2/2019) berasal dari konsleting listrik di ruang panel listrik rumah sakit. Berikut kejadian lengkapnya.

Inibaru.id – Kebakaran hebat melanda Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang di Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang pada Senin, (25/2/2019) pukul 22.45 WIB. Menurut Kapolsek Benteng Komisaris Ewo Semono, kebakaran tersebut berasal dari panel listrik di lantai 1.

Tempo.co, Selasa (26/2), menulis, Ewo menyebutkan panel listrik yang terbakar di lantai 1 membuat api menjalar ke lantai atas. Kebakaran tersebut membuat lantai 3 hingga lantai 5 rumah sakit mengalami kebakaran yang cukup parah.

Pihak rumah sakit awalnya telah melakukan respon cepat ketika mencurigai bau hangus di sekitar ruangan. Namun, api menjalar cepat membakar ruang panel listrik rumah sakit.

"Pertama kali yang mengetahui adalah supervisor keamanan, ia mencium bau kabel terbakar, kemudian menghubungi RPSS dan petugas keamanan lain. Setelah itu baru dilakukan pengecekan tiap lantai," ujar Direktur RSUD Tangerang Feriansyah.

Sebanyak 10 mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api. Berkat penanganan yang cepat, proses pemadaman pun hanya berlangsung 30 menit.

Sementara itu, pihak rumah sakit telah melakukan proses evakuasi seluruh pasien pada pukul 23.00 WIB ke rumah sakit dan puskesmas terdekat. Pihak rumah sakit juga menyatakan nggak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

"Pasien lebih kurang 154 sudah dilakukan evakuasi, kami juga lakukan rujukan ke rumah sakit terdekat, puskesmas 24 jam,"kata Kepala bidang (Kabid) Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang dr. Diah Utami.

Kendati demikian, pelayanan RSUD Kota Tangerang harus dihentikan sementara karena listrik yang padam akibat kebakaran membuat pelayanan lumpuh total. Semoga RSUD Kota Tangerang lekas direhabilitasi ya dan siap melayani masyarakat kembali. (IB07/E05)