Kebakaran Lahan di Gunung Sumbing, Ratusan Pendaki Dievakuasi

Sebagian lahan di Gunung Sumbing terbakar pada Senin (10/9/2018). Ratusan pendaki yang terjebak di Gunung Sumbing dievakuasi demi mencegah jatuhnya korban jiwa.

Kebakaran Lahan di Gunung Sumbing, Ratusan Pendaki Dievakuasi
Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Sumbing. (Medcom.id)

Inibaru.id – Setelah Gunung Sindoro, kawasan hutan di Gunung Sumbing juga terbakar pada Senin (10/9/2018). Untuk mencegah jatuhnya korban jiwa, jalur pendakian Gunung SUmbing ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Ratusan pendaki yang sudah terlanjur naik pun dievakuasi pada Senin (10/9) sore.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto menyebut hingga Selasa (11/9) sore, 541 pendaki telah dievakuasi dengan selamat. Para pendaki ini terdiri atas 516 orang yang berada di basecamp dan 25 orang sisanya berada di Pos 1 jalur pendakian Butuh.

Dari tiga basecamp yang ada di Gunung Sumbing, 414 orang dievakuasi di basecamp Butuh, 53 orang di basecamp Mangli, dan 74 orang di basecamp Adipuro. Satu tim yang terdiri atas lima orang diterjunkan untuk mengevakuasi para pendaki seperti yang ditulis Antaranews.com, Selasa (11/9).

“Hutan yang terbakar berada di petak 2 Magelang atau Pos 4 Pendakian Kaliangkrik yang sudah masuk wilayah Desa Butuh, Mangli, dan Prampelan,” ucap Edy.

Hingga Rabu (12/9), api yang melalap lahan di gunung yang berlokasi di perbatasan Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo itu belum bisa dijinakkan. Api juga sudah merembet ke hutan yang termasuk dalam wilayah Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Saat ini, Edy belum bisa merinci seberapa luas lahan yang terbakar. Puluhan petugas Perhutani KPH Kedu Utara, masyarakat setempat, dan relawan dari Kabupaten Temanggung juga masih berusaha untuk memadamkan api dengan cara manual karena medan yang terjal. Tim gabungan BPBD, Satpol PP, Damkar, dan PMI juga diturunkan untuk membantu mengatasi kebakaran tersebut.

Semoga petugas bisa segera memadamkan api ya, Millens. (IB09/E04)