Seluas 9,5 Ha Lahan di Gunung Sindoro Terbakar

Hutan di kawasan Gunung Sindoro, Kabupaten Wonosobo dan Temanggung, Jawa Tengah terbakar pada Jumat (7/9/2018).

Seluas 9,5 Ha Lahan di Gunung Sindoro Terbakar
Asap yang mengepul akibat kebakaran hutan di Gunung Sindoro pada Jumat (7/9/2018). (Antara Foto/Anis Efizudin)

Inibaru.id - Seluas 9,5 hektare lahan di kawasan Gunung Sindoro terbakar pada Jumat (7/9/2018). Kebakaran yang terjadi di gunung yang berada di antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah itu menghanguskan vegetasi yang ada.

“Luas areal yang terbakar 9,5 Ha, dengan jenis tanaman atau vegetasi hutan yang terbakar adalah tanaman kemlandingan gunung dan semak belukar," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Nugroho, Minggu (9/9).

Semak belukar yang kering diduga menjadi penyebab kebakaran ini. Namun, menurut Sutopo sebagian besar penyebabnya bukan dari alam.

Titik api kali pertama terlihat di Pos 2 Gunung Sindoro wilayah Kabupaten Wonosobo. Titik api kemudian menjalar menuju wilayah Kabupaten Temanggung.

Untuk memadamkan api, sebanyak 72 orang pemadam diterjunkan. Masyarakat dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) juga turut membantu proses pemadaman.

Kendati demikian, jumlah personel masih kurang banyak dibanding dengan luasnya lahan yang terbakar. Selain itu masalah geografis lereng Gunung Sindoro juga menyulitkan helikopter untuk dapat membantu menjatuhkan bom air. 

Alhasil, proses pemadaman berlangsung hingga Minggu (9/9) dan dilakukan secara manual. Petugas menggunakan dahan atau apapun yang bisa digunakan sebagai pentungan untuk mematikan api yang masih menyala karena keterbatasan air  seperti dilansir Liputan6.com, Senin (10/9). Melihat hal tersebut, tim gabungan ditarik turun dari lereng gunung dengan alasan keselamatan.

Kepala Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jawa Tengah Bambang Catur menjelaskan penarikan dilakukan ketika kondisi sekitar lokasi mulai gelap.

"Pemadaman kita hentikan pukul 17.00 dan tim kita tarik turun dari Gunung Sindoro," kata Bambang.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Namun, akibat kejadian ini jalur pendakian Gunung Sindoro di Kabupaten Wonosobo dan Temanggung sementara ditutup mulai Sabtu (8/9/2018) sampai waktu yang belum ditentukan.

Musim kemarau seperti ini memang rawan terjadi kebakaran, Millens. So, jangan man api atau membuang putung rokok sembarangan ya! (MG12/E04)