Rumah Abu Kelenteng Tay Kak Sie Terbakar, Seorang Lansia DitemukanTewas

Rumah Abu Kong Tik Soe dan Balai Pengobatan Tjie Lam Tjay yang berada di kawasan Kelenteng Tay Kak Sie ludes terbakar pada Kamis (21/3/2019) dini hari. Kebakaran itu merenggut nyawa seorang lansia.

Rumah Abu Kelenteng Tay Kak Sie Terbakar, Seorang Lansia DitemukanTewas
Rumah Abu Kong Tik Soe yang terbakar. (Beritajateng)

Inibaru.id – Rumah Abu Kong Tik Soe dan Balai Pengobatan Tjie Lam Tjay ludes terbakar pada Kamis (21/3/2019). Kebakaran yang terjadi di kawasan Kelenteng Tay Kak Sie itu mengakibatkan tewasnya seorang lansia. Korban diketahui bernama Sutiyono (82) atau biasa dipanggil Om Lhe, penjaga rumah abu.

Sofian Candra, penjaga Kelenteng Tay Kak Sie mengungkapkan dia sempat melihat ada orang yang meminta tolong. Namun saat akan membantu, api sudah telanjur membesar.

“Saya lihat dari dalam, bapake sudah lemas minta tolong. Tapi saya dobrak pintu sudah nggak bisa karena dikunci dari dalam,” kata Candra seperti ditulis Kompas.com, Kamis (21/3).

Jasad Sutiyono ditemukan petugas pemadam kebakaran saat melakukan penyisiran di dalam bangunan setelah api berhasil dipadamkan. Sementara itu, jenazah korban sudah dibawa ke rumah sakit.

"Begitu api padam, petugas pemadam langsung menyisir mencari korban dan ternyata Om Lhe ketemu sudah dalam kondisi tak bernyawa,” tambah Candra seperti ditulis Cnnindonesia.com Kamis (21/3/2019).

Suasana Kelenteng Tay Kak Sie setelah kebakaran. (Kompas.com/Handout)

Kebakaran di Rumah Abu Kong Tik Soe terjadi sekitar pukul 04.30 dini hari. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB. Hingga pukul 07.45 WIB, proses pendinginan di lokasi kebakaran masih berlangsung.

Sampai saat ini, belum diketahui penyebab pasti kebakaran. Tim forensik dari polisi sedang diterjunkan untuk mencari tahu asal muasal kebakaran di cagar budaya ini terjadi.

Semoga segera diketahui penyebab kebakaran ini ya, Millens. Bagi keluarga korban, semoga diberi ketabahan dan kesabaran. Amin. (IB10/E04)