Ke Semarang, Mensos Juliari P Batubara Cek Distribusi BST di Kantor Pos 

Ke Semarang, Mensos Juliari P Batubara Cek Distribusi BST di Kantor Pos 
Sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tampak mengantre dengan menerapkan jaga jarak. (Inibaru.id/ Audrian F)

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengecek penyaluran Bantuan Sosial Tunai di Kantor Pos Semarang. Tercatat sebanyak 1.900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima bantuan tersebut.

Inibaru.id - Pemandangan berbeda terlihat di Kantor Pos Semarang Selatan yang berada di Jalan Sisingamaraja, Kamis (21/5/2020). Ribuan warga berdatangan; tentu bukan tanpa sebab. Mereka yang termasuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tersebut hendak menerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Yang istimewa, bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Juliari P Batubara. Di kantor pos tersebut, Juliari menyapa sekitar 1.900 KPM dari Kecamatan Candisari dan Semarang Selatan yang siap menerima BST.

Mensos Juliari P Batubara bersama Walikota Semarang Hendrar Prihadi memberikan bantuan sosial tunai. (Humas Kemensos)<br>
Mensos Juliari P Batubara bersama Walikota Semarang Hendrar Prihadi memberikan bantuan sosial tunai. (Humas Kemensos)

Dalam sambutannya, Juliari berpesan agar  memanfaatkan bantuan tersebut dengan benar dan diterima dengan baik. Dia juga senang apabila penyaluran bisa merata.

"Jangan digunakan untuk membeli rokok ya. Gunakan untuk beli kebutuhan pokok dan kebutuhan lain yang penting,"  kata dia. 

Kemudian, ayah dari dua anak ini juga mengajak masyarakat agar berterima kasih juga kepada Presiden Joko Widodo. Pasalnya, saban hari, Jokowi nggak lelah mendesak jajarannya supaya masyarakat segera menerima bantuan.

“Bapak Presiden nggak pernah lupa sama rakyatnya,” beber Juliari.

Warga bersiap menerima bantuan di Kantor Pos Jalan Sisingamaraja. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Warga bersiap menerima bantuan di Kantor Pos Jalan Sisingamaraja. (Inibaru.id/ Audrian F)

Selain Kantor Pos Jalan Sisingamaraja, di Kota Semarang Juliari juga menyambangi realisasi BST di Kantor Pos Banjarsari Tembalang. Dia pun menyempatkan menyapa dan berbincang dengan KPM.

Berlangsung Tertib

Secara umum, realisasi BST di Kota Semarang berjalan tertib, lancar, dan memperhatikan protokol kesehatan masyarakat. KPM yang mengantre pun tertib menerapkan physical distancing.

BST merupakan bansos khusus untuk mengatasi dampak Covid-19. BST disalurkan kepada 9 juta KPM,  sebesar Rp 600 ribu per bulan per KK, dan disalurkan sebanyak 3 kali, yakni April,  Mei dan Juni.  Selain Semarang, Juliari juga langsung menyambangi kota lain seperti Ambarawa dan Solo.

Protokol penerimaan bantuan. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Protokol penerimaan bantuan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Data Kemensos menunjukkan, penerima BST di Kota Semarang berjumlah 94.803 KPM.  Di Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, sebanyak  45.778  KPM,  dan Kota Surakarta sebanyak 55.435. Adapun total penerima untuk Jawa Tengah sebanyak  1.193.445  KPM.

Salah seorang penerima bantuan, Rianti, mengatakan, penerimaan bantuan ini telah melalui koordinasi dengan Ketua RT tempat tinggalnya yakni Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari. Untuk menerima bantuan, dia datang membawa KK dan KTP asli.

Selain dari Kemensos, Rianti juga mengaku pernah mendapat bantuan dari Pemkot Semarang. Dia mengungkap, saat ini dirinya tengah nggak punya pekerjaan. Mata pencahariannya berhenti karena terdampak pandemi.

“Saya kerja cleaning service di SMK Nusaputera. Sekolahnya libur, saya juga ikut diliburkan,” keluhnya, sedih.

Semoga bantuan tersalurkan dengan baik dan memberi manfaat ya, Millens! (Audrian F/E03)