Dilahap Si Jago Merah, Katedral Notre Dame Nyaris Runtuh

Kebakaran terjadi di salah satu lokasi wisata paling tersohor di Kota Paris, Prancis, Katedral Notre Dame. Menara berusia 850 tahun ini sampai ambruk akibat kebakaran tersebut.

Dilahap Si Jago Merah, Katedral Notre Dame Nyaris Runtuh
Kebakaran Katedral Notre Dame. (CNN)

Inibaru.id – Katedral Notre Dame, salah satu ikon yang paling terkenal di Paris terbakar. Bahkan, menara dengan tinggi 93 meter dari bangunan abad pertengahan yang kaya akan unsur gotik ini sampai ambruk akibat si jago merah.

Laman Sindonews, Selasa (16/4/2019) menulis, setidaknya 400 petugas pemadam kebakaran dari Kota Paris berjuang untuk memadamkan api di bangunan dengan usia 850 tahun ini. Ratusan warga Perancis berkerumun di belakang garis polisi untuk melihat pemandangan yang memilukan tersebut. Warga yang tinggal di bangunan dekat dengan lokasi kebakaran juga telah diungsikan mengingat ada kemungkinan bangunan tersebut runtuh dan mengakibatkan dampak yang lebih buruk.

Kepala Pemadam Kebakaran Perancis, Jean-Claude Gallet menyebut proses pemadaman telah berhasil menyelamatkan struktur katedral. Selain itu, menara belnya juga mampu diselamatkan. Berbagai benda koleksi relik serta barang-barang suci lain yang ada di dalam katedral ini juga berhasil diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

Kebakaran ini diduga diakibatkan proses pengerjaan renovasi yang sedang dilangsungkan di katedral tersebut.  Api menyebar dengan cepat karena membakar kerangka penyangga bangunan yang memang terbuat dari kayu. Padahal, balok-balok kayu kerangka ini sudah ada sejak abad ke-13. Diperkirakan, biaya renovasi katedral ini mencapai 6,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 95 miliar.

Katedral Notre Dame adalah salah satu ikon di Kota Paris yang selalu dibanjiri wisatawan. Bahkan, dalam setahun, 13 juta orang bisa mengunjungi tempat penobatan Napoleon Bonaparte sebagai kaisar pada 1804 ini.

Presiden Prancis, Emmanuel Macron bersumpah akan kembali membangun Notre Dame karena dianggap sebagai bangunan bersejarah dan simbol Prancis yang harus dilestarikan.

Belum jelas ada atau tidaknya korban jiwa dari kasus kebakaran ini. Semoga saja nggak ada ya, Millens. Turut berduka atas kebakaran bangunan ikonik Prancis ini. Semoga bisa segera direnovasi, ya. (IB09/E04)