Karya Terbaik Dari Lego yang Kini Berusia 60 Tahun

Nggak hanya anak-anak, saat ini Lego juga menjadi mainan favorit orang dewasa, baik perempuan maupun lelaki. Usia permainan tersebut teryata sudah 60 tahun lo, Millens!

Karya Terbaik Dari Lego yang Kini Berusia 60 Tahun
Lego (Stuck in Plastic)

Inibaru.id – Adakah sobat Millens yang suka bermain Lego? Kalau kamu berpikir lego adalah mainan baru yang cuma dikenal generasi millenials, kamu salah besar. Mainan plastik bongkar-susun ini sudah berusia 60 tahun lo. Yap, tepat pada 28 Januari 1958 Lego resmi dipatenkan dan dimainkan orang-orang di seluruh dunia. Hmm!

Nama Lego diambil dari Bahasa Denmark “leg” dan “godt” yang berarti “Permainan yang bagus”. Nah, sesuai namanya, Lego memang sangat menyenangkan untuk dimainkan. Kendati terlihat sederhana, berupa bongkahan atau kepingan, banyak kreasi yang bisa kita mainkan dengan mainan ini.

Kamu bisa menyusunnya menjadi berbagai model layaknya bangunan, kendaraan, hingga pesawat luar angkasa atau robot. Kemampuannya untuk dijadikan berbagai macam model inilah yang membuat lego bisa dimainkan siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin.

Baca juga:
Jadi Peraih Grammy Terbanyak, Bruno Mars Gondol 6 Piala
Alami Penganiayaan, Kondisi Kiai Umar Basri Semakin Membaik

Memperingati hari lahir lego yang ke-60, ada sejumlah hal menarik yang harus kamu tahu nih. Yang pertama adalah Nathan Sawaya. Dia dikenal luas sebagai salah sorang seniman paling hebat dalam sejarah per-lego-an. Dianggap sangat jago mengkreasi lego, resmi dinobatkan sebagai seniman lego terhebat di dunia.

Salah satu kreasi terbaik karya Sawaya adalah replika Gunung Rushmore yang menjadi ikon simbolik bagi AS. Sawaya bahkan memilih keluar dari profesi sebelumnya, yakni pengacara, demi fokus menjadi seniman lego. Wah!

Sementara, kreasi lego terbesar yang pernah ada dibuat di Denmark, negeri asal lego, tepatnya di Legohouse di Kota Billund. Bangunan lego yang dinamai “Pohon” setinggi 15,5 meter ini dibangun selama 24 jam dengan menggunakan 6,3 juta keping lego. Lego ini bahkan sangat kuat sehingga bisa dipanjat manusia.

Adapun untuk lego yang paling diminati, replika pesawat Millenium Falcon dari film Star Wars menjadi model lego yang paling laris hingga saat ini. Meski harganya cukup mahal, yakni 649,99 paundsterling, model replika pesawat luar angkasa itu selalu ludes terjual di berbagai toko di seluruh dunia.

Baca juga:
Gorengan, Penganan Semua Kalangan
Gorengan Konvensional dan Gorengan Zaman Now

Yang menarik, Millenium Falcon saat ini dijual secara daring di e-bay dengan harga mencapai ribuan paun. Salah satu set replika tersebut dibuat dari 7.541 keping Lego.

Begitulah sekelumit tentang lego. Nah, buat para pencinta lego, selamat ulang tahun! Susun terus legomu ya, Millens! (AW/GIL)