Karni Ilyas Bantah ILC Tutup karena Intervensi Pemerintah

Karni Ilyas Bantah ILC Tutup karena Intervensi Pemerintah
Karni Ilyas membantah kalau acaranya tutup karena intervensi pemerintah.(Instagram/@presidenilc)

Karni Ilyas menanggapi isu yang beredar terkait cutinya ILC untuk sementara karena intervensi Pemerintah. Dia pun berdalih bahwa keputusan ini murni karena pertimbangan manajemen.

Inibaru.id - Karni Ilyas, sang Presiden Indonesia Lawyer Club (ILC) membantah jika ada campur tangan pemerintah dalam cutinya tayangan program ILC hingga tahun depan. Hal itu dinyatakan Karni usai mendengar pernyataan Ekonom Senior Rizal Ramli dalam episode terakhir ILC bertema Renungan Akhir Tahun: Dampak Tekanan Ekonomi, Ibu Bunuh Anak, Suami Bakat Isteri", Selasa (15/12/2020) malam.

Di acara itu Rizal Ramli menyinggung soal adanya kepanikan dari penguasa di balik cuti tayangnya program ILC. Kata Rizal, ILC hanya debat antara para tokoh yang justru memberikan banyak pembelajaran bagi publik.

"Saya bingung kok ini yang kuasa takut sama yang model begini doang, harusnya biasa aja," kata Rizal.

Rizal pun juga membandingkan dengan zaman pemerintahan Gus Dur dan Habibie. Menurutnya, di era itu juga nggak kalah banyak kritik dan bullying yang diterima Pemerintah, termasuk yang berupa acara-acara di televisi.

Statement Rizal Ramli nggak punya pengaruh terhadap tutupnya ILC. (Medcom)<br>
Statement Rizal Ramli nggak punya pengaruh terhadap tutupnya ILC. (Medcom)

"Justru kebebasan untuk berpikir, berpendapat itu akan membuat demokrasi lebih bermanfaat. Jadi saya lihat sederhana, ini menunjukkan yang kuasa semakin panik, semakin tidak percaya diri, semangat otoriternya semakin menggebu gebu, takut sama bayangan sendiri," kata Rizal.

Karni Ilyas kemudian mengeluarkan klarifikasi kalau cutinya ILC bukan karena dilarang oleh Pemerintah, melainkan lebih ke keputusan manajemen sendiri.

Sebelum Karni angkat bicara, Manajemen tvOne juga telah mengungkap alasan dibalik cuti tayangnya program ILC. Menurut mereka, ILC adalah sebuah brand dan program televisi TV One, tapi Hak Cipta dan Hak Siarnya dimiliki oleh pihak ketiga. 

"Program ILC yang selama ini tayang di tvOne adalah hasil kerja sama yang didasari oleh kesepakatan antara tvOne dan pemilik hak siar ILC," kata manajemen tvOne, dalam keterangannya, Selasa (15/12).

Meski begitu, ILC nggak benar-benar berhenti kok, kabarnya, pada 2021 mendatang, siarannya akan pindah ke platform digital.

"Pihak tvOne dan pemegang hak siar ILC sama-sama memandang bahwa program ILC memiliki potensi untuk dapat berkembang lebih pesat lagi di platform digital," kata Manajemen tvOne.

Kamu suka nonton ILC nggak, Millens? Sedih acara ini nggak lagi tayang di TV One atau menganggapnya biasa saja karena toh bakal bisa ditonton di platform lain, nih? (Cnn/IB28/E07)