Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Spons Cuci Piring dan Kain Pel?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Spons Cuci Piring dan Kain Pel?
Berapa lama sebaiknya spons diganti? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Jika dibiarkan dan nggak pernah diganti, peralatan rumah tangga seperti spons cuci piring dan kain pel bakal menjadi sumber penyakit, lo! Kapan sebaiknya mengganti peralatan itu?

Inibaru.id - Bagi sebagian orang, peralatan rumah tangga mungkin hanya diganti kalau memang sudah betul-betul sudah rusak atau nggak laik pakai. Padahal, sejumlah peralatan itu sejatinya harus diganti secara berkala, apalagi kalau berhubungan dengan peranti kebersihan.

Spons cuci piring dan kain pel adalah sejumlah alat kebersihan yang berpotensi mengandung bakteri, karenanya harus diperhatikan kebersihannya. End of Tenancy, jasa pembersihan di London, Inggris, mengungkapkan, spons cuci piring harus diganti tiap pekan, sedangkan kain pel per dua bulan. 

Spons Cuci Piring

Spons cuci piring. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Spons cuci piring. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Setelah digunakan, sebaiknya spons cuci piring langsung dibersihkan. Perlu kamu tahu, piring kotor sangat memungkinkan mengandung bakteri Escherichia coli (E. coli). Jika spons dibiarkan kotor atau nggak diganti secara berkala, bakteri bisa berlipat dan berpindah ke piring yang sudah dicuci.

Namun, kalau kamu belum sempat mengganti spons, bersihkanlah spons cuci itu. Cara yang cukup sangkil kamu terapkan adalah dengan mencampurkan 3/4 cangkir cairan pemutih atau cuka dengan satu galon air. Kemudian, rendam spons dalam cairan selama lima menit, lalu bilas hingga bersih.

Cara lain, kamu juga bisa memanfaatkan microwave. Basahi spons dengan air, lalu Kemudian, panaskan microwave dengan api besar selama satu menit saja untuk spons scrub atau dua menit untuk spons selulosa. Cara ini dipercaya mampu membunuh 99,9 persen kuman.

Kain Pel

Kain pel. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Kain pel. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Selain spons, peralatan rumah tangga yang sering luput untuk diganti adalah kain pel. Padahal, kain pel juga dapat menumpuk bakteri dari waktu ke waktu, lo. Oleh karena itu, gantilah kain pel setiap dua bulan.

Untuk menjaga agar terhindar dari bakteri, kamu harus memastikan untuk membilas kain pel seusai digunakan. Oya, jangan lupa mengeringkannya setelah dipakai ya.

Sementara, untuk sarung tangan pembersih, kamu bisa menggunakannya sampai aus. Hal serupa juga bisa kamu terapkan pada kemoceng, lap microfiber, dan sapu.

Nah, sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk mengganti peranti kebersihanmu? Jangan sampai alat kebersihanmu malah jadi biang bakteri ya, Millens! (IB24/E03)