Kapan Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019 Terjadi?

Kapan Puncak Arus Mudik dan Balik Lebaran 2019 Terjadi?
Arus mudik Lebaran. (Breakingnews)

Menjelang Lebaran, banyak orang yang sudah mempersiapkan diri untuk mudik. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada 1-2 Juni mendatang.

Inibaru.id – Memasuki pertengahan Ramadan, banyak orang yang mulai mempersiapkan diri untuk melakukan arus mudik demi bertemu dengan keluarga di Hari Raya Idul Fitri. Untuk melakukan antisipasi kemacetan lalu lintas darat, pihak kepolisian mulai memprediksi puncak arus mudik dan balik Lebaran kali ini.

Tahun ini, Tol Trans Jawa sudah benar-benar tersambung seluruhnya. Hal ini berarti, perjalanan arus mudik yang mengarah ke Jawa Timur dan Jawa Tengah diperkirakan bisa lebih cepat dan nggak mudah tersendat sebagaimana arus mudik tahun-tahun sebelumnya. Jalur Tol Trans Jawa pun diperkirakan bakal menjadi jalur favorit bagi pemudik untuk melakukan perjalanan.

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia Inspektur Jenderal Refdi Andri menyebut selama arus mudik dan arus balik akan diadakan Operasi Ketupat selama 13 hari. Operasi ini akan dimulai pada 29 Mei 2019 hingga 10 Juni 2019. Selain itu, Refdi juga menyebut perkiraan puncak arus mudik ada di H-3 Lebaran.

“Kira-kira pada tanggal 1 atau 2 Juni 2019 karena hari itu adalah Sabtu dan Minggu. Sementara itu, khusus untuk arus balik, waktunya sepertinya cukup singkat, yakni 7-9 Juni 2018,” terang Refdi seperti ditulis laman Kompas, Sabtu (18/5/2019).

Berdasarkan perkiraan inilah Operasi Ketupat akan diakhiri pada 10 Juni 2019.

“Mudah-mudahan dengan adanya Operasi Ketupat bisa membantu kelancaran lalu lintas saat arus mudik atau arus balik dengan baik,” katanya.

Meskipun diperkirakan bisa lebih lancar, bukan berarti kamu bisa menyepelekan arus mudik dan arus balik tahun ini, ya Millens. Kamu yang mau mudik mesti mempersiapkan perjalanan dengan baik. Jika memang ingin memakai kendaraan pribadi, persiapkan kendaraan, kondisi tubuh, dan berbagai perlengkapan lainnya agar bisa melakukan perjalanan dengan lancar. Jika ingin memakai transportasi umum, pastikan sudah mendapatkan tiket untuk melakukan perjalanan. Selamat bersiap untuk mudik! (IB09/E04)