Kapan Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom.id Dimulai?

Kapan Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom.id Dimulai?
Beasiswa OSC Medcom.id 2021 dibuka tahun ini. (OSC)

Beasiswa OSC Medcom.id kembali dibuka tahun 2021. Kapan ya pendaftaran beasiswa ini dimulai dan seperti apa saja tahapannya?

Inibaru.id – Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id kembali bisa didapatkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi di Indonesia tahun ini. Nggak tanggung-tanggung, di tahun penyelenggaraan ketujuh, ada setidaknya 590 beasiswa yang bisa didapatkan di 25 perguruan tinggi swasta favorit, Millens.

Total, beasiswa yang bisa didapatkan para mahasiswa seilai Rp 47 miliar. Rinciannya, ada 515 beasiswa bagi program Strata 1 (S1) serta 75 beasiswa bagi mahasiswa Strata 2 (S2).

Lantas, kapan pendaftaran beasiswa OSC Medcom.id dimulai? Ternyata, pendaftarannya sudah dimulai pada Rabu (25/8/2021) lalu, lo, Millens. Untungnya, waktu pendaftarannya masih lama kok, yakni sampai 2 November 2021. Jadi, kamu nggak bakal ketinggalan dan masih punya persiapan untuk melakukannya deh.

Di mana kamu bisa mendaftarnya? Nggak perlu bingung, tinggal masuk saja ke situs osc.medcom.id. Di sana, kamu tinggal mengisi formulir, menentukan kampus PTS tujuan, serta melakukan verifikasi di surat elektronik (e-mail) kamu.

Ada nggak biaya pendaftarannya? Kalau kamu masih di jenjang S1 sih gratis. Syaratnya, melampirkan surat keterangan masih duduk di kelas 12 atau surat keterangan lulus namun belum kuliah. Nah, kalau kamu mendaftar beasiswa untuk program S2, ada biaya pendaftarannya. Tapi nggak mahal kok, yakni Rp 189 ribu saja.

Khusus untuk program S2 ini, yang boleh mendaftar adalah mahasiswa S1 yang lulus dari 2019 sampai 2021 dengan usia maksimal 25 tahun. Ada pengecualian juga, Millens, yakni bagi tenaga pengajar yang punya ijazah S1. Batas usianya naik jadi 35 tahun, deh.

Ada alasan mengapa untuk program S2 sampai ada biaya pendaftarannya. Uang itu ternyata bakal dikumpulkan dan kemudian didonasikan bagi mahasiswa S1 yang masuk kategori berprestasi namun berasal dari kalangan nggak mampu. Jadi, uang itu bakal bermanfaat.

Tahapan Tes Beasiswa OSC Medcom.id

Nah, soal tahapan tesnya, bakal dimulai pada 6 November 2021, Millens. Di tanggal itu, peserta bakal menjalani tes secara daring. Ada juga proses seleksi berkas yang dilakukan di minggu ketiga atau keempat November 2021. Nah, para peserta yang lolos dari tahapan ini bakal bisa menjalani tes daring final pada 11 Desember 2021.

Omong-omong, tes daring final ini berupa tes potensi akademik serta wawancara virtual. Nah, soal pengumuman siapa saja yang mendapatkan beasiswa ini, bakal dirilis pada 20 Januari 2022 nanti.

Nantinya, yang menjadi pemenang beasiswa ini bakal mendapatkan biaya pendidikan kuliah sampai lulus. Ada juga kesempatan mendapatkan bantuan biaya hidup, tabungan pendidikan berupa Rp 1,5 juta bagi pemenang pertama serta Rp 750 ribu untuk pemenang kedua. Selain itu, ada juga program magang dan penyaluran di dunia kerja begitu lulus.

Tertarik untuk mendaftar beasiswa OSC Medcom.id? Yuk segera daftar! (IB09/E05)