Kapal Selam Pertama Karya Anak Bangsa Resmi Diluncurkan

Kapal Selam Pertama Karya Anak Bangsa Resmi Diluncurkan
KRI Alugoro-405. (Lancerdefense)

Indonesia akhirnya membuktikan diri ke khalayak dengan kapal selam yang diberi nama KRI Alugoro-405. Kapal selam pertama buatan dalam negeri ini diproduksi 200 putra terbaik Indonesia melalui kerjasama transfer teknologi dari Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd dengan PT PAL (Persero).

Inibaru.id – PT PAL (Persero) secara resmi meluncurkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) berjenis kapal selam buatan anak bangsa pada Kamis (11/4/2019). Kapal selam pertama buatan Indonesia ini diresmikan di Dermaga Fasilitas Kapal Selam PT PAL Surabaya, Jawa Timur.

Laman Kompas Kamis (11/4) menulis, peluncuran kapal selam bernama KRI Alugoro-405 itu dihadiri Menteri Pertahanan Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Aji.

KRI Alugoro-405 dibangun dengan skema transfer teknologi dari Korea Selatan, tepatnya dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering Co Ltd (DSME).

“Setidaknya 200 putra-putri terbaik bangsa dikirim ke Korea Selatan untuk belajar memproduksi kapal selam ini,” ungkap Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Mohammad Zaenal.

KRI Alugoro-405 ini melengkapi dua koleksi kapal selam yang dimiliki Indonesia. Dua kapal lainnya adalah KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404. Kedua kapal selam ini dipesan dari DSME Korea Selatan.

Makna Nama Alugoro

Nama Alugoro sebenarnya juga pernah dipakai untuk armada kapal selam Indonesia. Kapal selam tersebut adalah KRI Alugoro-406 yang dipesan dari Uni Soviet dan menjadi bagian dari 12 kapal selam Whiskey Class yang khusus untuk keperluan operasi Trikora pada 1962 silam.

Alugoro diambil dari senjata milik tokoh pewayangan milik Prabu Baladewa. Nama ini dipilih istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Nora.

“Alugoro itu senjata berjenis gada yang kedua ujungnya runcing,” ungkap Ryamizard.

Senjata ini diberikan Batara Brama, guru dari Prabu Baladewa karena menganggap muridnya sudah lulus menuntut ilmu.

“Alugoro memiliki kesaktian dan daya hancur yang luar biasa,” lanjut Ryamizard.

Semoga keberadaan kapal selam ini bisa memperkuat pertahanan Indonesia, ya Millens. (IB09/E04)