Kamu Tahu Nggak, Apa Agama Tertua di Dunia?

Kamu Tahu Nggak, Apa Agama Tertua di Dunia?
Hindu, agama tertua di dunia. (Flickr/ Artem Beliaikin)

Ternyata, ada lo agama tertua di dunia yang masih dianut ratusan juta orang di seluruh dunia, lo, termasuk di Indonesia. 

Inibaru.id – Pernah nggak kamu terpikir apa agama tertua di dunia, Millens? Maklum, agama juga memiliki peran besar dalam peradaban sekaligus sejarah manusia. Hm, kamu penasaran nggak nih?

Asal kamu tahu saja, ada lo agama yang akhirnya punah seiring waktu karena pengikutnya semakin berkurang hingga akhirnya habis. Khusus untuk agama Hindu, ternyata pengikutnya masih sangat banyak meskipun merupakan agama tertua di dunia.

Menurut situs History, usia agama Hindu bahkan sudah lebih lama dari tahun Masehi, lo, Millens. Soalnya, ada penelitian yang sudah menemukan adanya jejak-jejak penyebaran agama ini sejak 4 ribu tahun yang lalu. Di masa itu, Hindu sudah dianut banyak orang di lembah Sungai Indus yang kini dikenal sebagai Pakistan.

Tebak, berapa banyak penganut Hindu di seluruh dunia? Ternyata, ada sekitar 900 juta orang, lo. Bahkan, ada data lain yang menyebut di India saja, sebenarnya penganut Hindu mencapai lebih dari 1 miliar orang! Di India, mayoritas penduduknya memang beragama Hindu sehingga membuat 95 persen penganut Hindu di dunia ada di sini.

Lantas, di mana sisa penganut Hindu lainnya tinggal? Tentu saja menyebar di seluruh dunia, termasuk kalau di Indonesia adalah di Bali. Kamu tahu sendiri, kan di sana mayoritas warganya adalah pemeluk Hindu. Bahkan, budaya dan jalan hidup yang dijalani warga Hindu di Bali sampai jadi salah satu daya tarik wisata paling kuat di sana, lo.

Penganut agama Hindu di Pura Besakih, Bali. (Flickr/

Nina R)
Penganut agama Hindu di Pura Besakih, Bali. (Flickr/ Nina R)

Nah, banyak orang Barat yang bahkan sampai mengikuti “gaya hidup” ala Hindu meski nggak benar-benar menganut agamanya. Maklum, di agama ini banyak tradisi dan filosofi yang mengajarkan keseimbangan hidup serta menghargai alam.

Beda dengan sejumlah agama lain, agama Hindu mengenal banyak Dewa. Nah, kepercayaan terhadap dewa-dewa ini jugalah yang menjadi dasar mereka untuk menjalani hidup baik dan bermoral demi mencapai dharma, Millens.

Omong-omong, Hindu adalah agama dengan penganut terbanyak ketiga di seluruh dunia. Kalau yang pertama adalah agama Kristen yang dianut sekitar 2,4 miliar orang, sementara yang kedua adalah Islam yang dianut oleh 1,9 miliar orang.

Selain di Asia Tenggara seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, dan sekitarnya, kebanyakan penganut Islam adalah warga dari negara-negara Timur Tengah, Asia Tengah, Afrika Utara, dan sebagian Afrika Timur. Meski begitu, kamu juga bisa menemukan warga muslim yang cukup dominan di sejumlah negara Eropa layaknya Bosnia dan Herzegovina atau Turki.

Hm, menarik, ya Millens kalau membahas soal agama dan pengaruhnya terhadap kebudayaan dan perkembangan manusia di seluruh dunia. Omong-omong, kamu punya teman atau keluarga yang menganut agama tertua di dunia nggak, nih? (Det/IB09/E05)