Kamu Produktif? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

Kamu Produktif? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini
Yakin kamu udah produktif? (shutterstock.com)

Setiap orang menghabiskan dan menjalani harinya masing-masing. Tapi apakah yang dilakukan sudah produktif?

Inibaru.id – Semua orang setiap hari melakukan kegiatan, nggak ada yang nggak. Mulai dari jalan-jalan, pergi sekolah, bekerja bahkan hanya sekadar tidur. Lalu apakah pekerjaan itu produktif? Apakah kamu salah satu orang yang bekerja keras setiap hari untuk menyelesaikan segala urusan, atau masih memiliki waktu untuk diri sendiri? Ini adalah 5 pertanyakan yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri jika kamu ingin tahu kegiatanmu produktif atau nggak.

1. Berapa Lama Kamu menghabiskan Waktu di Depan Layar Smartphone atau PC

Pada kenyataannya smartphone dan PC telah menyita perhatianmu dan membuat produktivitasmu menurun. Niat hati hanya ingin memeriksa email dan chat eh lama kelamaan jari kebablasan untuk membuka sosial media dan youtube.

Jika kamu bermain smartphone atau PC lebih dari satu jam hanya untuk membuka sosmed dan internet, produktivitas kamu bakal menurun.

2. Apakah Kamu Memiliki Note Untuk Melakukan Pekerjaan Selanjutnya?

Orang yang produktif tentu memiliki catatan untuk menulis daftar hal yang ingin dikerjakan. Namun sebagian dari mereka mengabaikannya meski sudah menulisnya karena terlalu asyik sendiri. Jadi tugasmu sebenarnya adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Nah, kamu memiliki catatan daftar kegiatan nggak? Kalo kamu nggak punya, kemungkinan kamu nggak produktif.

3. Mampukah Kamu Berkata “Say No

Pernah nggak kamu diajak nongkrong sama teman-temanmu padahal kamu memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan? Lalu apakah kamu menolaknya? Seorang yang produktif tentu bakal menolak ajakan seperti itu. Sebab mereka nggak mau beban mereka bertambah.

Selain kurang produktif, jika kamu terlalu banyak mengiyakan ajakan teman, kamu juga kurang efektif. Kamu harus mulai sadar akan apa yang kamu lakukan. Jika sesuatu itu hanya untuk membuang waktumu lebih baik kamu menolaknya.

4. Apakah Kamu Meminta Bantuan Orang Lain?

Orang yang produktif bukanlah orang yang melakukan segalanya sendiri. Sebab kodratnya manusia membutuhkan manusia lain. Orang yang produktif pandai membagi tugas dengan rekannya agar pekerjaan lebih efisien. Apakah kamu termasuk orang yang melakukan segalanya sendiri atau kamulebih memilih meminta bantuan orang lain?

Sebagian orang lebih memilih melakukan semuanya sendiri, terus menyibukkan diri hingga nggak tidur. Namun seorang produktif bukan demikian, mereka tau dengan meminta bantuan pada orang lain nanti bakal lebih efektif dan efisien.

5. Sudahkah Kamu Perlakukan Dirimu Dengan Baik?

Manjadi seorang yang produktif nggak terlepas dari kesehatan fisik dan emosional. Jika kamu termasuk orang yang memiliki jam tidur nggak teratur, pola makan kurang baik, atau selalu bergumul dengan depresi, maka kamu bakal sulit jadi orang yang produktif.

Untuk menjadi produktif kamu perlu memiliki mental yang baik dan stamina fisik yang oke. Jadi, jangan mempersulit diri dengan kehidupan. Tidur yang cukup, makan yang teratur, dan jangan lupa piknik. Jika kamu sudah melakukan semua itu, produktivitas bakal menghampirimu.

Sudah ditanyakan pada diri sendiri belum Millens? Kamu termasuk produktif nggak? (IB30/E05)